KPK Siapkan Jerat 12 Tahun Penjara Bagi Oknum yang Halangi Pencarian Harun Masiku

- 2 Agustus 2021, 10:56 WIB
National Central Bureau (NCB)-Interpol Indonesia telah menerbitkan Red Notice atas Tersangka kasus suap Komisioner KPU, Harun Masiku. /PMJ News.
National Central Bureau (NCB)-Interpol Indonesia telah menerbitkan Red Notice atas Tersangka kasus suap Komisioner KPU, Harun Masiku. /PMJ News. /

BERITA SUBANG -KPK mengingatkan adanya ancaman pidana bagi pihak-pihak yang sengaja menghalangi pencarian dan penangkapan buronan kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI 2019-2024, Harun Masiku.

Berdasarkan Pasal 21 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor), diatur ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara.

"Jika ada pihak yang diduga sengaja menyembunyikan buronan, kami ingatkan dapat diancam pidana sebagaimana ketentuan Pasal 21 UU Tipikor," ujar Plt. Juru Bicara Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)Ali Fikri, Senin 2 Agustus 2021.

Baca Juga: Fakta Baru KPK, DPO Harun Masiku Masih di Indonesia

Pasal itu berbunyi: Setiap orang yang dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan  dan pemeriksaan di sidang pengadilan terhadap tersangka dan terdakwa ataupun para saksi dalam perkara korupsi, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun dan atau denda paling sedikit Rp150 juta dan paling banyak Rp600 juta.

Hanya saja, Ali Fikri enggan menyampaikan informasi perihal lokasi-lokasi yang sudah disisir tim penyidik dalam upaya menangkap Harun Masiku.

Hanya saja, Ali Fikri memastikan bahwa KPK berkomitmen menuntaskan pengusutan kasus yang menjerat mantan calon legislatif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

"KPK masih terus berupaya menemukan DPO dimaksud baik pencarian di dalam negeri maupun kerja sama melalui NCB Interpol," kata Ali Fikri.

Baca Juga: KPK Membentuk Satgas Khusus Memburu DPO Tersangka Korupsi Termasuk Harun Masiku Diyakini Masih di Indonesia

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah