Praktisi Hukum Ini Sesalkan KPK Masih Disibukan Dengan Alih Status Pegawai KPK ke ASN

- 11 Juni 2021, 13:14 WIB
Praktisi Hukum Jhon SE Panggabean
Praktisi Hukum Jhon SE Panggabean /Foto: Tangkaplayar dialog TVRI/

BERITA SUBANG - Pratisi Hukum Jhon SE Panggabean menilai sejak awal reformasi, KPK diharapkan mampu menegakkan hukum dalam pemberantasan korupsi, namun sangat disayangkan saat ini KPK sibuk dengan masalah interen terkait perubahan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) pasca revisi undang-undang KPK yang hingga saat ini menjadi pembahasan yang hangat hingga menjadi polemik.

Karenanya Jhon berpendapat seyogyanya segera diakhiri, apabila tidak selain merugikan lembaga KPK juga akan menghambat upaya pemberantasan korupsi.

"Keadaan atau realita penegakan hukum di Indonesia saat ini bisa dikatakan masih memerlukan perjuangan yang panjang dan memerlukan penegak-penegak hukum serta pejabat-pejabat yang mempunyai integritas moral yang tinggi yang berkomitmen mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan politik," tutur Jhon SE Panggabean dalam keterangannya, Jumat, 11 Juni 2021.

Baca Juga: Dewas KPK Tumpak Panggabean Pecat IGAS Pegawai KPK Pencuri Barbuk Perkara Korupsi Emas Batangan Nyaris 2 Kg

Dikatakan dia, meski kondisi penegakkan hukum saat ini belum mencapai sebagaimana yang dicita-citakan sejak reformasi, namun sebagai masyarakat Indonesia harus optimis dan bangkit dengan tetap semangat untuk memberikan kontribusi dalam penegakkan hukum.

"Minimal perbuatan yang diawali dari diri sendiri dan tidak henti-hentinya menyuarakan hukum dan kebenaran. Karena Tuhan cinta akan hukum dan keadilan serta penegakan hukum," tutur Jhon SE Panggabean.

Dia menghimbau untuk bersama-sama memikirkan dalam menyelesaikan masalah-masalah hukum secara baik dan positif demi kepentingan bersama dalam membangun Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Pasalnya, kata Jhon SE Panggabean ketika menglelisik perjalanan penegakan hukum pasca reformasi dan lahirnya KPK dari sisi kuantitas atau jumlah perkara yang disidik atau diproses hingga ke tingkat pengadilan cukup signifikan perkembangannya. Begitu juga dari segi kualitas atau bobot perkara yang ditangani oleh Penegak Hukum terutama oleh KPK.

Baca Juga: Praktisi Hukum: TWK Tak Tepat Dasar Pemberhentian 75 Pegawai KPK, Meski Pelantikan ke ASN Tetap Jalan

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x