Pertarungan MAKI Melawan KPK Terkait BLBI di PN Jaksel Mulai Hari Ini, Boyamin Saiman Yakin Menang

- 7 Juni 2021, 10:21 WIB
Illustrasi Palu Hakim
Illustrasi Palu Hakim /Pixabay Media Kupang Marselino/

BERITA SUBANG - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) selaku pemohon yakin hakim bakal memenangkan gugatan melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilayangkan pihaknya terkait Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) Sjamsul Nursalim dan Istrinya Itiih Nursalim sebagai tersangka dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan persidangan perdana gugatan yang di gelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 7 Juni 2021 ini dapat dihadiri pihak termohon yakni KPK dengan materi agenda sidang dalam gugatan itu untuk membatalkan SP3 terhadap kedua tersangka itu.

"MAKI yakin akan memenangkan gugatan ini dikarenakan Hukum Indonesia tidak menganut putusan seseorang dijadikan dasar menghentikan perkara orang lain (Yurisprodensi)," ucap Boyamin kepada beritasubang.pikiran-rakyat.com.

Baca Juga: Khawatir Perkara Bakal di SP3 Seperti BLBI, MAKI Praperadilkan KPK Terkait 5 Perkara Mangkrak

Menurut Boyamin alasan melakukan gugatan itu dilatarbelakangi secar hukum karena seseorang tersangka bisa dihukum bersalah atau bebas setelah melalui proses persidangan, bukan atas dasar SP3 oleh Penyidik.

"Semoga KPK akan hadir sebagai bentuk penghormatan proses hukum dan tentunya KPK akan memberikan alasan, jawaban dan bukti atas terbitnya SP3 tersebut," ucapnya.

Lanjut dia, sidang perdana gugatan Praperadilan antara MAKI melawan KPK dengan materi membatalkan SP3 kasus dugaan korupsi BLBI BDNI dengan Tersangka Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim.

"Jadi, atas SP3 tersebut, MAKI telah mendaftarkan gugatan pada tanggal 30 April 2021 dan akan disidangkan perdana pada hari ini," ungkap dia.

MakiBaca Juga: Tak Lolos TWK Novel Baswedan dkk Diberhentikan KPK, MAKI Bakal Uji Materi Putusan MK

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x