Cek Bansos BST Rp600 Ribu, Cair Minggu Kedua Juli 202 untuk 10 Juta Penerima Melalui cekbansos.kemensos.go.id

- 7 Juli 2021, 07:33 WIB
//Kabar Joglosemar/Galih Wijaya/

BERITA SUBANG - Berikut cara cek Bansos BST Rp600 Ribu melalui cekbansos.kemensos.go.id, yang cair pada minggu kedua bulan Juli 2021 untuk 10 Juta keluarga penerima manfaat.

Caranya, buka tautan ini: https://cekbansos.kemensos.go.id/ dimana Kementrian Sosial akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai untuk periode bulan Mei dan Juni untuk dicairkan sekaligus di pekan kedua bulan Juli 2021.

Kepastian Bansos Sosial Tunai, atau BST cair minggu kedua bulan Juli ini terkonfirmasi melalui komentar Menteri Sosial Tri Rismaharini, dimana ia mengatakan "Bansos Tunai BST akan disalurkan untuk Mei dan Juni, setelah sebelumnya berhenti di April. Kita berharap pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos ini dapat tersalur."

Komentar tersebut dilansir dari ANTARA, dimana mensos berharap pencairan bansos dapat membantu masyarakat terkait dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

Menteri Risma menjelaskan Bantuan Sosial Tunai senilai Rp300 ribu per bulan disalurkan setiap awal bulan. Untuk BST bulan Mei-Juni akan diberikan sekaligus, yakni sebesar Rp600 ribu pada pekan kedua Juli.

Pemerintah menargetkan BST dapat dinikmati 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Sama seperti sebelumnya, penyaluran BST akan dilakukan melalui Kantor Pos dan Himpunan Bank Negara (HIMBARA).

Adapun cara mengecek apakah Anda merupakan penerima BST, silahkan buka tautan ini:  cekbansos.kemensos.go.id dan ikuti panduan ini:

1. Melalui HP atau laptop, buka aplikasi browser dan akses link cekbansos.kemensos.go.id

2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan penerima manfaat

3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP

4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode

5. Jika kode tidak jelas, klik gambar refresh untuk mendapatkan kode baru

6. Klik tombol pencari data.

Setelah melakukan tata cara tersebut itu, sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat (PKM) dan wilayah dan membandingkan nama penerima dengan database yang ada di kemensos.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini link cek nama penerima dan informasi lengkapnya tentang Bansos 2021 bisa mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x