Effendi Gazali Ancam Wartawan, Ade Mulyana Tantang KPK Tetapkan Tersangka Baru Korupsi Bansos

- 26 Maret 2021, 20:49 WIB
Pimpinan Redaksi Ade Mulyana
Pimpinan Redaksi Ade Mulyana /Foto: Documen Pribadi/

BERITAA SUBANG - Pemimpin Redaksi KATTA, Ade Mulyana, mengatakan nampaknya pengamat komunikasi politik Effendi Gazali tak memahami kegiatan redaksi sebuah media yang tengah mendalami kasus bantuan sosial Covid-19 yang telah menyeret bekas Mensos Julian Batubara.

Apalagi, pernyataan Effendi yang terkesan akan mengancam kegiatan wartawannya, sesaat sebelum menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, pada Kamis, 25 Maret 2021 kemarin.

Meski demikian, Ade Mulyana menanggapi santai apa yang disampaikan Effendi meski misalnya tidak menjawab pertanyaan media soal benar tidaknya menjadi pemilik kuota bansos Covid-19 tersebut.

Baca Juga: Pikiran Rakyat Media Network Susun Modul Uji Kompetensi Wartawan untuk Perkuat Profesionalitas di 162 Portal

Dia mencontohkan kasus di Indonesia dimana seseorang yang namanya disebut atau diberitakan terkait kasus korupsi, kerap melakukan serangan balik diantaranya membuat laporan dengan tuduhan pencemaran nama baik dan tuduhan lainnya.

"Sebagai pakar komunikasi, Pak Effendi tentu paham betul harus melakukan apa agar materi pemeriksaan di kasus bansos tidak menjadi perhatian media dan publik," imbuh Ade.

Ade pun tak menepis jika awaknya medianya melakukan komunikasi melalui pesan Whatsapp dan mewawancara tatap muka dengan Effendi. Langkah ini ditempuh dalam rangka konfirmasi sekaligus klarifikasi untuk penyusunan laporan berita terkait dugaan keterlibatan Effendi dalam kasus bansos Covid.

Baca Juga: Peraturan MA yang Tak Izinkan Wartawan Ambil Foto, Rekam Persidangan Dianggap Hambat Fungsi Pers

Hal yang dikonfirmasi kepada Effendi antara lain terkait informasi sebagai pemilik kuota paket pengadaan sembako pada gelombang pertama dan delapan dari 12 gelombang pengadaan.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x