DPR : 44 Juta Pelaku UMKM Belum Tersentuh Bansos Pemerintah

- 2 April 2021, 11:23 WIB
Pemerintah mendorong ekspor UMKM melalui peningkatan kegiatan ekonomi.
Pemerintah mendorong ekspor UMKM melalui peningkatan kegiatan ekonomi. /Twitter.com/@beacukaiRI

BERITA SUBANG - DPR  menilai jumlah pelaku UMKM yang mendapat bantuan sosial (bansos) dari pemerintah akibat terimbas pandemi hingga saat ini masih kecil. Saat ini, hanya ada bantuan bagi sekitar 21 juta. Padahal ada sekitar 64 juta sampai 65 juta pelaku UMKM di Indonesia.

Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta menilai, pada tahun 2020, pelaku usaha UMKM yang mendapat Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta  hanya sekitar 12 juta pelaku usaha. Kemudian, pada 2021 pemerintah menambah hingga 9,8 juta UMKM. Artinya, total baru mencapai sekitar 21 juta UMKM. Padahal ada sekitar 64 juta sampai 65 juta UMKM.

Sehingga masih banyak sekali, sekitar 43 juta sampai 44 juta pelaku UMKM yang belum tersentuh dan harus dibantu," kata Nyoman Parta dalam Raker dengan Menkop/UKM Teten Masduki dan Jajaran Direksi Bank BUMN, di Jakarta, Kamis 1 April 2021.

Baca Juga: KLHK Pastikan Ketahanan Pangan Harus Tetap Kedepankan Prinsip Kelestarian

Menurut anggota Fraksi PDIP, tidak bisa dipungkiri bahwa usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu penggerak utama perekonomian nasional.

"Maka tak heran jika sektor UMKM terganggu, maka ekonomi nasional juga ikut terganggu," ujar dia.

Oleh karena itu, Legislator asal Bali ini mendesak pemerintah agar pada anggaran perubahan yang akan datang, ketersediaan anggarannya bisa dilipatgandakan. Bukan malah dipotong.

Baca Juga: Komisi III DPR RI: Jaringan Teroris Bermain Media Sosial Pengaruhi Pola Pikir Generasi Milenial

Baca Juga: Seorang Pemuda di Cianjur Sabet Leher Ayahnya Hingga Nyaris Terputus Saat Terlelap Beristirahat

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x