Jamintel Amir Yanto Ajak Jajarannya Bergerak Bangun Zona Integritas Menuju WBK WBBM

- 17 Maret 2022, 01:46 WIB
Jamintel Amir Yanto ajak jajarannya menandatangani pakta integritas bangun zona integritas menuju WBK WBBM
Jamintel Amir Yanto ajak jajarannya menandatangani pakta integritas bangun zona integritas menuju WBK WBBM /Foto: Kejagung/

BERITA SUBANG - Jaksa Agung Muda Intelijen [Jamintel] Amir Yanto mengajak jajaran dibawahnya untuk bergerak dalam program reformasi birokrasi guna membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), sebagai bentuk komitmen pihaknya melakukan penandatanganan pakta integritas bersama.

"Untuk meningkatkan daya saing yang kian kompetitif diperlukan reformasi birokrasi yang dapat menghasilkan birokrasi profesional dan ramping yang bebas hambatan. Hal inilah yang menjadi prasyarat penyelenggaraan good local governance, dengan menerapkan prinsip akuntabilitas, transparansi, keterbukaan, efisiensi dan efektifitas serta partisipasi dari semua elemen," ujar Jamintel Amir Yanto dalam keterangannya, Jakarta, Rabu 16 Maret 2022.

Dijelaskan dia, reformasi birokrasi telah menjadi salah satu program strategis pemerintah, sebabnya Kejaksaan sebagai bagian dari eksekutif harus ikut serta secara aktif menggerakkan sumber daya yang ada dalam melakukan upaya perubahan institusional menuju intansu yang lebih baik.

Baca Juga: Puji Pembangunan Zona Integritas WBK WBBM di Kejati Kalbar, Setia Untung: Masyarakat Melek Teknologi

"Perubahan tersebut diperlukan tidak semata untuk memperbaiki kinerja birokrasi, namun juga sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan tata kelola birokrasi bersih dan berkualitas yang dapat menggerakkan institusi Kejaksaan ke arah kemajuan guna memberi dampak dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ungkap dia.

Ia akui dalam perjalanannya program reformasi birokrasi menghadapi kendala diantaranya yaitu penyalahgunaan wewenang, praktek KKN, diskriminasi dan lemahnya pengawasan. Karena itu, sebagai upaya untuk menghilangkan praktek-praktek penyimpangan tersebut perlu dilakukan langkah-langkah strategis melalui komitmen bersama membangun zona integritas menuju WBK WBBM.

Kegiatan ini, kata dia menjadi perhatian bersama bahwa komitmen membangun zona integritas menuju WBK WBBM adalah langkah dan bagian dari mensukseskan reformasi birokrasi, dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efisien dan pelayanan prima.

Baca Juga: Bangun Reformasi Birokrasi Kejaksaan, Sunarta Minta Sistem Pelayanan Lebih Agile

"Komitmen bersama ini juga merupakan salah satu syarat dari penilaian mandiri reformasi birokrasi sebagaimana arahan dari Kementerian PAN RB selaku bagian dari tim penilai nasional. Komitmen bersama pembangunan WBK WBBM sebagai salah satu tahapan dalam pembangunan zona integritas mengandung pernyataan dan komitmen dari pimpinan unit kerja dalam hal ini Jamintel beserta jajaran untuk mewujudkan WBK WBBM," ujarnya.

Oleh karena itu, setelah penandatanganan komitmen bersama ini, dirinya perintahkan semua jajaran Intelijen kejaksaan Agung untuk segera melaksanakan rencana aksi yang konkrit, meliputi enam area perubahan bidang yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x