Setia Untung Tekankan Bangun WBK WBBM Di Era Digitalisasi Menuju Kejaksaan Modern

- 9 September 2021, 14:41 WIB
Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi pada Rakernis 2021 bidang Pembinaan Kejaksaan RI.
Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi pada Rakernis 2021 bidang Pembinaan Kejaksaan RI. /Foto: Penkum Kejagung/

BERITA SUBANG - Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi mengatakan untuk mewujudkan program pemerintah dalam tata kelola sistem penyelenggaraan organisasi Kejaksaan, salah satu wujud pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau WBK WBBM.

Menurutnya sejak tahun 2017 program Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi yang telah diikutin Kejaksaan, pada tahun 2020 sebanyak 296 satuan kerja (satker) diajukan untuk memperoleh predikat WBK WBBM, dari jumlah itu sebanyak 41 satker memperoleh WBK dan sembilan satker memperoleh predikat WBBM.

"Sedangkan pada tahun 2021 telah dilakukan penilaian dan seleksi terhadap satuan kerja yang diajukan oleh Tim Penilai Daerah (TPD) dan Tim Penilai Internal (TPI) yaitu untuk predikat WBK sebanyak 289 satker dan predikat WBBM sebanyak 87 satker sehingga total 376 satker," ucap Setia Untung ketika memberi arahan Rapat Kerja Teknis (Rakernis 2021) Bidang Pembinaan Tahun 2021 secara virtual dari Kejaksaan Agung, Jakarta pada Rabu-Kamis, 8-9 September 2021.

Dirinya mengingatkan kepada jajaran jaksa Pembinaan terkait kebijakan dalam Instruksi Jaksa Agung RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Hasil Rapat Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020 Tanggal 16 Desember 2020, sebagai bentuk yang bersifat mengikat dan wajib diimplementasikan oleh seluruh bidang.

"Oleh karenanya khususnya bidang pembinaan memiliki 4 poin yang menjadi fokus pembenahan antara lain berkaitan Dengan SDM, Digitalisasi, Penyusunan Dan Pengelolaan Anggaran, dan Optimalisasi PNBP Kejaksaan," tutur dia.

Baca Juga: Setia Untung Dorong Jajaran Bidang Pembinaan Kejaksaan Agar Berinovasi Untuk Berprestasi Di Era Digitalisasi

Mantan Kajati Riau dan Jabar itu berharap melalui Rakernis 2021 bidang Pembinaan selain peningkatan SDM, juga pemanfaatan sarana digital dalam mendukung kinerja Kejaksaan yang menjadi fokus kita bersama.

"Melalui Kejaksaan Digital, sebagai pengejawantahan dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Kejaksaan RI," ucapnya.

Pasalnya, Kejaksaan Digital juga merupakan sebuah visi menuju Kejaksaan yang modern, akuntabel dan terintegrasi dengan dukungan teknologi informasi, sebuah harapan besar sebagai sarana transformasi atau perubahan dari pekerjaan manual menjadi tersistem dengan pola kerja yang efektif dan efisien serta mudah untuk diintegrasikan.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x