Cara Pencairan KIP Melalui BRI dan BNI, Cara Cek Penerima Dana PIP dengan Cek NISN untuk Siswa SD, SMP, SMA

- 13 Maret 2022, 19:24 WIB
Kartu Indonesia Pintar Cair Lagi
Kartu Indonesia Pintar Cair Lagi /Dok. Kemendikbud

BERITA SUBANG - Untuk yang ingin memahami, siapa Penyelenggara Program Indonesia Pintar? PIP merupakan kerja sama tiga kementrian yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementrian Sosial (Kemensos), dan Kementrian Agama(Kemenag).

Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/Rw dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

Untuk Apa Dana PIP Digunakan? Nah, Dana PIP memang diberikan oleh pemerintah dan dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Baca Juga: Cara Cairkan Dana PIP, Ternyata Pengambilan Dana PIP Dapat Dilakukan Perorangan Langsung Maupun Kolektif

Dana Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program bantuan Pemerintah berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin maupun rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Pencairan Dana PIP pada bulan Maret tahun 2022 telah mencapai angka 7,7 juta siswa yang terdaftar sebagai penerima di laman pip.kemdikbud.go.id.

Lalu siapa Yang Mengawasi pelaksanaan PIP? Selain pengawasan internal sekolah/lembaga pendidikan, pengawasan eksternal dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Jendral (Itjen) Kementrian pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Baca Juga: Begini Cara Buat Kartu Indonesia Pintar Agar Bisa Jadi Penerima Dana PIP Anak SD SMP SMA

Masyarakat juga dapat membantu pengawasan PIP dengan melaporkan hal yang dianggap tidak sesuai ke kontak pengaduan.

Sudah cair ke 7,79 juta siswa di seluruh Indonesia

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x