Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon Komentari 23 Tahun Reformasi di RI: 'Hanya Melahirkan Kartel Politik Baru'

- 22 Mei 2021, 19:46 WIB
Hari Reformasi diperingati setiap tanggal 21 Mei
Hari Reformasi diperingati setiap tanggal 21 Mei /KPU Magelang/

BERITA SUBANG - Pada tanggal 21 Mei 1998, atau tepatnya 23 tahun silam, Presiden Soeharto yang telah berkuasa lebih dari 30 tahun di Indonesia, menyatakan mundur dari tampuk kekuasaan, yang kemudian hari ini diperingati sebagai Hari Peringatan Reformasi.

Tumbangnya rezim orde baru di Indonesia memberi ruang kepada beberapa penerus Presiden Suharto untuk memimpin negara berpopulasi terbesar ke-empat di dunia ini. 

Memperingati 23 tahun reformasi di Indonesia, Heru Subagia Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Cirebon, yang juga mengklaim sebagai 'saksi hidup' sejarah pergerakan reformasi 1998, menuliskan opini panjang yang dikirimkan kepada Berita Subang Sabtu, 22 Mei 2021.

"Biaya politik sangat mahal paska reformasi digulirkan untuk bangsa ini. Sejarah perjalanan bangsa ini harus mengalami pergolakan politik dalam negeri yang sangat panas," demikian Heru membuka artikel panjangnya.

Baca Juga: Layanan Hotline 110, Layanan Cepat Aduan Masyarakat Diresmikan Kapolri, Didampingi Panglima TNI

"Tahun 1998 adalah sejarah baru yang diukir oleh semua komponen negeri ini dengan  berakhirnya rezim otoriter dengan tumbangnya orde baru di bawah kekuasaan Soeharto. Prestasi gemilang dan kemenangan dari kaum reformis yang dipelopori Amien Rais berdampak luas dan dalam sendi-sendii kehidupan bernegara dan berbangsa," tulis Heru.

"Dukungan semangat reformasi masyarakat, mahasiswa dan segenap masyarakat Indonesia tumpah ruah dan mampu mendobrak rezim Soeharto yang bercokol dan berkuasa selama lebih dari 30 tahun."

Ketua DPD PAN Cirebon tersebut menambahkan, reformasi harus dibayar mahal oleh bangsa Indonesia dengan terjadinya pergolakan dan gejolak sosial  ekonomi dan politik nasional, berakhir dengan kerja sama dalam sistem pemerintahan oligarki.

Berikut tulisan lengkap Heru, yang merupakan Ketua Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Jabar:

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x