Siap-siap Disuntik Vaksin Covid-19, Fahami Manfaatnya, Kenali Resikonya

- 28 Januari 2021, 06:28 WIB
Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19 /RFStudio/Pexels

BERITA SUBANG - Tanpa menafikan resiko tinggi pada kelompok tertentu,
Vaksinasi COVID-19 secara umum diyakini memiliki manfaat yang besar dibandingkan dengan potensi resiko yang ditimbulkannya terhadap tubuh seseorang.

Setidaknya hal itu diungkapkan Ketua Lembaga Eijkman, Amin Soebandrio pada sebuah webbinar yang digelar Hari Rabu, 27 Januari 2021.

Vaksin, menurut Amin akan memberikan empat perlindungan aktif guna melindungi tubuh mengantisipasi infeksi penyakit. Di samping itu, vaksin dapat menurunkan keluhan terhadap masalah kesehatan, mengurangi angka kematian, dan mencegah penularan virus agar tidak meluas.

Baca Juga: Bupati Subang Usulkan ke PUPR Agar BUMD PT Subang Sejahtera Dapat 10 Persen Saham di Konsorsium Tol Cipali

"Setidaknya ada empat. Satu (diantaranya) melindungi orang yang divaksin itu dari inveksi, itu belajar dari sejarah," tegas Amin, seperti dikutip dari ANTARA.

Di sisi lain ia menjelaskan, pada sebagian kecil resiko dengan kondisi tertentu, pengaruh vaksin dapat dialami receptor, seperti mengantuk, demam, dan bengkak kemerahan.

Ditambahkan oleh Amin, kelompok masyarakat yang tidak diperkenankan mendapatkan vaksin adalah seorang ibu dalam kondisi hamil, ibu menyusui, bayi, juga anak kecil, ditambah kelompok masyarakat tertentu lainnya atas pertimbangan hasil uji klinik, serta hasil kajian terkait keamanan vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Mantan Kepala BAIS Sebut Kasus Asabri Penghisap Darah, Minta Kejagung Tuntaskan

Baca Juga: Jelang Pelaksanaan Vaksinasi 29 Januari 2021, Kapolres dan Bupati Siap Awali Disuntik Vaksin Covid-19

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah