Kodim 0605 Gagas Subang Urban Farming, Mangga Jimat Varietas Unggulan

- 27 Januari 2021, 19:50 WIB
Dandim 0605 Subang Letkol arh. Edi Maryono mengandeng Bupati Subang H. Ruhimat mengajak Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melihat lahan produktif Subang Urban Farming.
Dandim 0605 Subang Letkol arh. Edi Maryono mengandeng Bupati Subang H. Ruhimat mengajak Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melihat lahan produktif Subang Urban Farming. /Foto: beritasubang.pikiran-rakyat.com/Yudi Mudyana./

BERITA SUBANG-Dandim 0605 Subang Letkol arh. Edi Maryono mengandeng Bupati Subang H. Ruhimat mengajak Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melihat lahan produktif Subang Urban Farming yang berisi berbagai budidaya diantaranya budidaya ikan, buah, bunga, magot, jamur hingga lebah.

Salah satunya keberadaan pohon varietas mangga Jimat Siliwangi, dan kolam berisi bibit ikan. Adapun, Subang Urban Farming digagas oleh kodim 0605 Subang yang terletak di dalam area Markas Kodim tersebut.

"Keberadaan nama mangga Jimat diambil dari kata Kang Jimat Siliwangi dari Kodam III Siliwangi. Nah, untuk kolam berisi seribu bibit ikan," kata Letkol Arh. Edi Maryono saat menunjukan hasil pengelolaan para prajuritnya kepada Pangdam Mayjen TNI Nugroho.

Adapun kata Edi bahwa varietas mangga yang dimaksud adalah mangga Irwin dan Mahatir. Kedua varietas mangga unggulan ini memiliki manfaat kesehatan.

"Mangga Irwin dapat meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk tulang dan pasien diabetes, anemia dan anti kanker," ujarnya.

Sementara mangga mahatir bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan hati, mata, kulit, rambut dan mengurangi resiko kanker.

Terkait masa panen hormon perangsang mangga Irwin akan bereaksi sekitar kurang dari tiga tahun, jika ditanam dari hasil okulasi atau cangkok akan berbuah setelah berumur dua sampai empat tahun.

Sedangkan untuk mangga mahatir yang termasuk dalam tipe genjah mulai berbuah rata-rata pada usia tiga sampai empat tahun, namun jika dirawat dengan baik tanaman bisa produktif lebih cepat sekitar satu sampai dua tahun.

Sementara, Bupati Kang Jimat kerap disapa menambahkan untuk mangga jimat siliwangi ini adalah salah satu komoditi buah yang nantinya akan ditanam di area cluster ketahanan pangan di serang panjang yang kini lahannya sedang dalam proses penggarapan.***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x