Migrasi Nasabah Tiga Bank BUMN Syariah ke Bank Syariah Indonesia Berpolemik, Berapa Laba BSI Q1 2021 ?

- 20 Juni 2021, 17:03 WIB
/Dok. bankbsi.co.id/

BERITA SUBANG - Migrasi rekening dari tiga bank BUMN Syariah yang dimerger Februari lalu disebut menuai polemik oleh praktisi perbankan syariah, berapakah laba bank hasil merger tersebut, yakni sekarang Bank Syariah Indonesia.

Mengutip dari laman bankbsi.co.id, laba bersih PT Bank Syariah Indonesia Tbk, atau BSI, tercatat sebesar Rp742 miliar pada triwulan 1 2021, atau naik 12,85 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

BSI menyebut kenaikan laba ini didorong oleh ekspansi pembiayaan dan kenaikan dana murah yang optimal sehingga cost of fund, atau beban biaya dana jadi berkurang, menyebabkan bank memiliki margin lebih tinggi.

Secara profitabilitas, merger antara tiga bank BUMN Syariah, menghasilkan laba yang cukup baik. Pada Februari lalu, ketiga bank ini, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah (BNISy) dan BRI Syariah (BRISy) merger, atau bergabung menjadi satu menjadi bank baru dengan nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

Baca Juga: Migrasi Rekening Bank BSM, BNI Syariah, BRI Syariah ke BSI Menuai Polemik di Tengah Nasabah

BSI langsung mengukuhkan diri sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, baik di bursa maupun di keseluruhan pasar Indonesia. 

Di triwulan 1 2021, pendapatan margin dan bagi hasil naik sebesar 5,16% secara year-on-year (yoy).

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan kenaikan Laba ini ditopang oleh ekspansi pembiayaan dan kenaikan Dana Murah yang optimal. 

Baca Juga: Migrasi Rekening ke BSI Disebut Bermasalah, Ini Performa 3 Bank Syariah BUMN Sebelum Merger Februari Lalu

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x