Sosialisasi Ekonomi Syariah, Sekjen MES Sebut Perlu Gandeng Puan Maharani Dengan PDI Perjuangan

- 31 Januari 2021, 22:04 WIB
Ketua DPR Puan Maharani
Ketua DPR Puan Maharani /Foto: Documen/PIkiran Rakyat

BERITA SUBANG - Industri keuangan syariah hanya tumbuh 1 digit tahun 2020, dimana sebelumnya mampu tumbuh di atas 15 persen, karena itu perlu sosialisasi ekonomi syariah dengan pelibatan berbagai pihak, seperti mengandeng Ketua DPR RI Puan Maharani, termasuk partai politik nasionalis, dan Influencer.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah Iggi H. Achsien menyoroti masalah sosialisasi ekonomi syariah diharapkan bisa menyentuh lintas golongan masyarakat. Termasuk partai-partai politik nasionalis seperti PDI Perjuangan dan lainnya.

"Ibu Puan Maharani bisa juga mungkin dilibatkan. Tidak hanya Wapres. Itu jadi lebih familiar dan ikut mendorong ekonomi syariah." kata Iggi dalam diskusi webinar terkait outlook Islamic Finance & Industry 2021, Jakarta, Minggu, 31 Januari 2021.

BACA Juga: Perbankan Syariah Bidik Kaum Milenial Sebagai Market Size Shariah Digital

Menurut Iggi, sosialisasi ekonomi syariah juga tidak harus didominasi oleh politisi. Stasiun-stasiun televisi swasta dan nasional hingga para influencer yang memiliki follower dalam jumlah besar juga bisa digandeng untuk melakukan sosialisasi ekonomi syariah.

Iggi juga menjelaskan di tahun 2021 ke depan, ada tiga hal yang harus menjadi fokus sektor Islamic finance Indonesia. Pertama, terkait konsolidasi agar kapabilitas keuangan menjadi lebih kuat, untuk menunjang ekspansi yang lebih tinggi. Kedua, inisiasi seperti spin-off dan konversi harus terus didorong.

BACA Juga: Tahun 2021 Sektor Keuangan Syariah Masih Dibanyangi Covid-19, YIB Beri Strategi Shariah First

"Ketiga, revitalisasi agar lembaga keuangan syariah bisa melakukan turn around kinerja sehingga bisa kembali mengkonsolidasikan bisnisnya dan menyumbang pertumbuhan yang signifikan," terang dia.

Sebelumnya, Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI), dan juga founder (pendiri) Rabu Hijrah, Arief Rosyid Hasan mengatakan berfokus pada hubungan antara milenial dengan perbankan syariah perlu ada pendekatan, mengingat penduduk Indonesia sudah sangat didominasi oleh generasi milenial dan gen Z.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x