Begini Susahnya Tagih Pajak Bumi dan Bangunan ke Warga, Ketika Tak Tertagih Bantuan Desa Terhambat

- 13 Januari 2021, 01:03 WIB
Kepala Desa Pansor di Pagaden Barat, Subang, mengungkapkan dana bantuan keuangan daerah dari Pemda ternyata tidak dapat cair jika setoran Pajak Bumi dan Bangunan desa tersebut tidak terpenuhi
Kepala Desa Pansor di Pagaden Barat, Subang, mengungkapkan dana bantuan keuangan daerah dari Pemda ternyata tidak dapat cair jika setoran Pajak Bumi dan Bangunan desa tersebut tidak terpenuhi /Berita Subang/AA Hamzah Hasbullah/

BERITA SUBANG - Upaya Pemerintah Kabupaten Subang menggenjot setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terus dilakukan melalui desa.

Berbagai apresiasi setiap tahunnya dibagikan pada desa yang memenuhi target tertentu pencapaian tagihan pajak yang disetor melalui Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Subang.

Bupati Subang H. Ruhimat dalam berbagai kesempatan menyampaikan dan memohon warga agar memiliki kesadaran dan kepatuhan tinggi dalam melunasi kewajiban membayar PBB.

Ia menugaskan kepala desa (kades) se-Kabupaten Subang untuk aktif menagih setoran pajak warga.

Baca Juga: Intip Yuk! Wak Euceu, Wanita Usia Senja, Tunawisma dan Tunanetra, Dapat Rumah dari Kades

Hasilnya, sejumlah desa berhasil mencapai target setoran dibuktikan dengan reward yang diterimanya berupa kendaraan roda dua maupun roda empat.
Sebaliknya, ada pula desa yang masih menemui kendala penagihan PBB.

Kalau Pemilik Tanah Diluar Desa Gimana Cara Tagihnya?

Seperti yang disampaikan Kades Pangsor di Kecamatan Pagaden Barat yang ternyata mayoritas pemilik tanah yang didominasi lahan pertanian tersebut dimiliki oleh masyarakat ber-KTP luar Desa Pangsor.

"Tercatat, dari (sekitar) 15.000 hektar lahan pertanian di Desa Pangsor, 12.000 diantaranya milik warga desa tetangga kami, seperti Desa Margahayu dan Desa Bendungan," ungkap Kades Pangsor Nunung Toyibah, ditemui Berita Subang Selasa 12 Januari 2021 sore hari menjelang senja di ruang kerjanya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x