Kontroversi Kitab Kuning Versi Muhammad Kece Serta Penjelasan Para Ahli

- 24 Agustus 2021, 09:01 WIB
Ilustrasi membaca kitab kuning
Ilustrasi membaca kitab kuning /ARAHKATA/Doc. vecteezy.com

BERITA SUBANG - Nama YouTuber Muhammad Kece tengah viral. Kontennya yang dianggap kontroversi menuai banyak protes.

Dari hampir 450 konten video Muhammad Kece di YouTube, ada dua video yang menuai kontroversi berjudul 'Kitab Kuning Membingungkan' dan 'Sumber Segala Dusta'.

Untuk memahami mengenai Kitab Kuning, tim beritasubang.com mencoba menelusurinya dan mencari pengertian atau pemahaman kitab Kuning secara umum dan penjelasan ahli.

Baca Juga: Jejak Digital Muhammad Kece, Gabung di YouTube Tahun 2020 dan Punya 2,4 Juta Subscriber

Mengutip penerbitbukudeepublish.com, pengertian Kitab kuning adalah salah satu kitab klasik yang memiliki peran penting dalam transformasi ilmu agama.

Dikatakan sebagai kitab kuning karena kitab ini dicetak di kertas yang berwarna kekuning-kuningan. Ciri khas dari kitab kuning selain dicetak di kertas berwarna kuning, isi tulisan tidak ada harokat, alias gundul.

Karena tulisan gundul inilah, hanya orang yang tahu ilmu dan cara membacanya. Buat yang masih pemula, dijamin hanya bengong tidak bisa membaca.

Namun demikian, di era semakin maju, pasalnya kitab kuning yang dicetak ulang dengan gaya baru sudah dicetak menggunakan kertas tidak kuning, atau dicetak di kertas HVS dan sudah diberi harakat.

Nah, membahas memahami tentang pengertian dasar, isi kitab, sejarah kitab dan tradisi kitab kuning itu sendiri, berikut penjelasan para ahli.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x