Android 12 Beta akan Menghilangkan Fitur 'Bubbles' pada Android 11 dan Menggantikannya dengan 'Chip'

- 14 Agustus 2021, 16:58 WIB
Android 12 Beta akan memperkenalkan chip yang menggantikan Bubbles pada Android 11.
Android 12 Beta akan memperkenalkan chip yang menggantikan Bubbles pada Android 11. /Dok. developer.android.com/

BERITA SUBANG - Tidak sedikit pengguna Android yang mengeluhkan fitur Bubbles, yaitu ikon mengambang yang ada pada layar pengguna Android 11 ketika melakukan panggilan, yang kini terlihat dihilangkan pada Android 12 Beta.

Berita ini disampaikan melalui situs androidpolice.com yang mendaftar pada program Android 12 Beta dan menemukan fitur Bubbles pada Android 11 kini telah digantikan.

Android 12 memiliki seluruh API yang didedikasikan untuk gaya notifikasi bergaya 'Chip', dan memungkinkan pengembang untuk menampilkan status yang berbeda untuk panggilan masuk dan yang sedang berlangsung serta penyaringan panggilan. Dan sekarang dialer pada peluncur Google menggunakannya dalam beberapa kasus di Android 12.

Baca Juga: Google Merilis Android 12 Beta 2.1 dengan Beberapa Perbaikan Bug

Chip baru ini mengambil tema dinamis pengguna pada Android 12, dengan ikon yang tampaknya hampir cocok dengan aplikasi telepon. Sebelum panggilan dijawab, itu hanya sebuah ikon, tetapi setelah pihak lain mengangkat, itu menunjukkan timer untuk runtime panggilan saat ini. Mengetuknya akan membuka dialer.

Notifikasi juga terlihat didesain ulang yang menyertainya dengan tombol yang lebih besar, lebih baik, dan lebih banyak, ditambah sensibilitas Material yang diperbarui secara umum.

Fitur Bubbles (kiri) pada Android 11 digantikan oleh Chip pada Android 12 (tengah dan kanan).
Fitur Bubbles (kiri) pada Android 11 digantikan oleh Chip pada Android 12 (tengah dan kanan).

Beberapa pengguna juga mengeluhkan fitur Bubbles ini (yang juga disebut Chat Heads) karena terlihat mengganggu kemungkinan akan tidak sengaja tertekan ketika sedang melakukan panggilan sekaligus mengoperasikan smartphone.

Android 12 kemungkinan akan diluncurkan secara resmi pada musim gugur ini bersamaan dengan smartphone Google Pixel 6 dan juga Google Pixel 6 Pro yang sebelumnya telah diumumkan.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x