Tips Memilih Ponsel untuk Aktivitas Game Agar Tidak nge-Lag

- 10 April 2021, 01:56 WIB
Kemampuan ponsel yang mumpuni dituntut penuhi hasrat gamers Indonesia saat menjalankan aplikasi game yang berkapasitas besar.
Kemampuan ponsel yang mumpuni dituntut penuhi hasrat gamers Indonesia saat menjalankan aplikasi game yang berkapasitas besar. //tangkapan layar pada Oppo A9 2020/Berita Subang/Aahamzah//

BERITA SUBANG - Seiring perkembangan dunia gawai semakin banyak kemudahan bagi para pengguna internet melakukan berbagai aktivitas terutama kalangan penggemar aktivitas gaming di Indonesia.

Perkembangan teknologi ponsel dengan berbagai teknologi canggih memudahkan gamers Indonesia mengakses berbagai aplikasi mobile game dengan mudah.

Namun berbeda dengan penggunaan ponsel untuk komunikasi, gamers perlu mempertimbangkan beberapa faktor dalam memilih ponsel yang digunakan untuk menyalurkan hobi atau mencari penghasilan dari nge-Game yang memang memerlukan fitur dan ketangguhan tersendiri.

Faktor apa saja ketika ponsel mendukung suatu aplikasi Game?

1. RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan penyimpanan data digital jangka pendek yang berpengaruh mendukung penuh proses kinerja ponsel pintar.
RAM yang mumpuni dibutuhkan guna menjalankan aplikasi game yang berukuran besar.
RAM besar akan memudahkan gamer berselancar sehingga tidak perlu khawatir mengalami lag (lambat/macet) saat sedang seru bermain game.
 
 
2. Chipset atau System on Chip (SoC)
Chipset ibarat otak utama yang memproses seluruh data dan perintah pada sebuah ponsel.
Semakin mumpuni Chipset yang disematkan, semakin pintar dan cerdas ponsel itu bekerja.
Chipset mumpuni menjadikan gamers berselancar secara nyaman dan leluasa beraktivitas game.
 
3. Layar
Layar ponsel yang nyaman bagi mata dibutuhkan gamers sebab aktivitas game relatif membutuhkan waktu lama. 
Layar yang bersahabat dengan mata manusia dibutuhkan agar tidak mengakibatkan efek samping pada gamers saat menggunakan ponsel seharian sekalipun.
Layar ponsel yang baik bagi gamers selain berukuran cukup dan terlihat jelas juga perlu diperhatikan terkait faktor kenyamanan dan kesehatan mata.
 
 
4. Baterai
Penggunaan ponsel untuk aktivitas Game tentu memerlukan kapasitas baterai yang cukup menampung daya yang besar. Semakin besar daya baterai semakin baik ponsel itu mendukung kenyamanan pengguna ponsel dalam aktivitas Game-nya.
 
5. Operating System (OS)
OS merupakan sistem operasi pengaturan hardware dan softwar pada sebuah gawai.
Semakin banyak suatu jenis OS digunakan biasanya penyedia aplikasi Game akan semakin banyak menyediakan dan memberikan beragam pilihan Game yang menarik untuk OS yang bersangkutan.***
 
 

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x