Lika Liku Perjuangan Charless Babbage, Penemu Komputer Pertama di Dunia Asal Inggris, Otaknya Kini Dimuseumkan

- 7 April 2021, 08:38 WIB
Charles Babbage, penemu komputer pertama
Charles Babbage, penemu komputer pertama /Foto: abulyatama.ac.id/



BERITA SUBANG - Kisah penemuan komputer berawal dari Inggris dan dunia kini mengenal sosok bernama Charles Babbage sebagai "Bapak Komputer", karena gagasannya terkait prinsip kerja komputer telah merubah cara hidup umat manusia.

Buat kalian yang mengenal komputer canggih, mulai dari desktop, laptop, dan notepad, bentuk komputer ratusan tahun silam jauh dari fisik yang kita lihat saat ini.

Memang, banyak ilmuwan penting yang diakui punya peranan penting dalam pengembangan komputer selain Charles Babbage, diantaranya Henry Edward, Alan Turing, Konrad Zuse, dan Edward Roberts.

Namun, dari nama tersebut, Charles Babbage diakui sebagai sosok yang paling berpengaruh terhadap prinsip cara kerja komputer yang kita ketahui saat ini.

Kisahnya berawal pada 1822 silam, ketika ia menciptakan mesin dengan tujuan membantu perhitungan aritmetika.

Adalah metode ini yang menjadi fondasi pemikiran cara kerja komputer yang kita kenal hingga saat ini.

Pria kelahiran 26 Desember 1791 ini dinobatkan sebagai 'Bapak Komputer' dan namanya tertoreh secara abadi di banyak buku akademis, dan jurnal karya ilmiah.

Baca Juga: Lima Fitur Windows 10 yang Harus Anda Gunakan

Namun, siapa sangka masa kecil Charles Babbage ternyata ia pernah terkena penyakit mematikan dan terpaksa harus bersekolah dari rumah?

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x