Inilah 6 Fungsi Microsoft Word yang Wajib Diketahui!

- 24 September 2023, 14:07 WIB
Aplikasi Microsoft Word terlihat pada smartphone yang diletakkan di atas keyboard dalam ilustrasi yang diambil pada 26 Juli 2021.
Aplikasi Microsoft Word terlihat pada smartphone yang diletakkan di atas keyboard dalam ilustrasi yang diambil pada 26 Juli 2021. /REUTERS/Dado Ruvic/

BERITA SUBANG - Sekarang ini, Microsoft Word (Ms. Word) bukanlah hal yang asing di telinga. Software satu ini sudah banyak sekali digunakan untuk mengerjakan tugas maupun laporan, baik bagi mahasiswa, karyawan, pebisnis, dan lain sebagainya. Namun, tahuk ah Anda apa saja fungsi Microsoft Word yang sebenarnya?

Perlu Anda ketahui, Microsoft Word sendiri merupakan sebuah program pengolah kata yang bertujuan untuk membuat dokumen berupa teks dan disimpan secara elektronik. Dengan kata lain, melalui program seperti ini Anda bisa dengan mudah untuk membuat, menyimpan, mencetak, serta membagikan dokumen berbasis teks.

Lantas, sebenarnya fungsi Microsoft Word itu sendiri apa sih? Berikut penjelasan lengkapnya!

Fungsi Microsoft Word

1. Membuat dokumen teks

Setiap hari, mungkin kita akan selalu menggunakan Microsoft Word untuk berbagai keperluan. Terlebih lagi, bagi seorang pelajar maupun karyawan. Di mana, Microsoft Word sendiri salah satu fungsinya adalah membuat dokumen berbentuk teks.

Membuat dokumen teks bisa dibilang menjadi fungsi utama dari software satu ini. Pengguna bisa dengan bebas untuk menuliskan kata-kata sesuai keperluan maupun kebutuhan. Mulai dari menulis untuk laporan, membuat buku, karya ilmiah, hingga skripsi semua bisa dilakukan dengan mudah di sini.

2. Mengedit dan memformat dokumen

Microsoft Word tidak hanya sebatas digunakan untuk membuat dokumen teks saja. Melainkan, Anda bisa dengan mudah untuk mengedit ketika melakukan kesalahan saat sedang menulis. Misalnya, Anda bisa melakukan perintah untuk menghapus, undo, redo, copy paste, salin, dan lain sebagainya.

Kemudian, Microsoft Word juga memudahkan Anda untuk melakukan pemformatan pada teks yang sedang ditulis. Format ini seperti mengubah ukuran, gaya, hingga warna teks. Tentu, ini sangatlah menarik karena bisa menyesuaikan apa yang dibutuhkan.

3. Menyisipkan gambar

Selain menulis, Microsoft Word juga bisa digunakan oleh pengguna untuk membuat dokumen berupa gambar. Dokumen semacam mudah dilakukan dengan cara menyisipkan gambar pada tools yang telah disediakan. Bahkan, Anda juga bisa mengubah ukuran gambar sesuai dengan keinginan.

Selain itu, gambar yang sudah disisipkan pun bisa diberikan efek sesuai selera. Anda pun bisa menghapus background dari gambar di Microsoft Word secara langsung tanpa bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Dengan begitu, Anda akan menghasilkan dokumen grafis yang bagus dan menarik.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x