Obat Sirup Penyebab 143 Anak Meninggal, DPR Minta Penny Lukito Mundur Dari BPOM

- 3 November 2022, 10:58 WIB
Obat Sirup Penyebab 143 Anak Meninggal, DPR Minta Penny Lukito Mundur Dari BPOM
Obat Sirup Penyebab 143 Anak Meninggal, DPR Minta Penny Lukito Mundur Dari BPOM /Foto: Setkab.go.id/Rahmat/

 

BERITA SUBANG - Anggota Komisi X DPR Robert J Kardinal menuntut agar Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Penny Lukito ikut bertanggungjawab atas bencana gagal ginjal akut yang menyebabkan 143 anak meninggal dunia.

Pasalnya, BPOM telah gagal melakukan pengawasan dalam peredaran obat-obatan di masyarakat sehingga ratusan anak-anak tidak berdosa ikut menjadi korban.

"BPOM dan aparatnya yang ikut bertanggungjawab sebaiknya meletakkan jabatannya atas kelalaian mereka sehingga ratusan anak-anak ikut menjadi korban. Tidak perlu menunggu untuk dipecat," tegas Kardinal di Jakarta, Kamis 3 November 2022.

Politisi senior Fraksi Golkar ini menegaskan, kematian 143 anak akibat gagal ginjal akut ini merupakan bencana kemanusiaan yang luar biasa. Musibah kemanusiaan ini harus menjadi pelajaran berharga bagi dunia kesehatan tanah air.

Baca Juga: Yaqut Cholil Wajibkan Obat dan Kosmetika Bersertifikat Halal

Lanjutnya, peristiwa ini juga harus menjadi bahan evaluasi dan instropeksi mendalam bagi BPOM dalam menjalankan fungsinya dalam pengawasan dan peredaran obat di dalam negeri.

"Sebab musibah ini terjadi lantaran BPOM tidak bekerja. Jadi sudah sepantasnya dipecat, juga dituntut pidana bersama para pemilik perusahaan farmasi yang terlibat," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kardinal juga menyoroti temuan BPOM terhadap tujuh obat sirup dengan cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) di luar ambang batas, yang diduga kuat menjadi penyebab kasus gagal ginjal akut pada anak ini.

Baca Juga: Bareskrim Bersama Polda DI Yogyakarta Mengungkap Dua Pabrik Produksi Obat Terlarang, 9 Orang Telah Diamankan

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x