Rakernas Kejaksaan 2022 Jaksa Agung Luncurkan Branding Trapsila Adhyaksa, Burhanuddin Ingatkan Soal Etika

- 2 Februari 2022, 17:52 WIB
Jaksa Agung Burhanuddin Rakernas Kejaksaan 2022
Jaksa Agung Burhanuddin Rakernas Kejaksaan 2022 /Foto: Puspenkum Kejagung/Edward Panggabean/beritasubang.com

BERITA SUBANG - Jaksa Agung Burhanuddin luncurkan slogan Trapsila Adhyaksa dilingkungan Kejaksaan sebagai core values dan employer branding Aparatur Sipil Negara (ASN) kata Berakhlak, yang telah diluncurkan oleh Presiden sebagai fondasi baru bagi ASN.

"Singkatan dari core values Berakhlak adalah Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Sedangkan employer branding ASN adalah “Bangga Melayani Bangsa," kata Burhanuddin saat buka Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Kejaksaan 2022, Jakarta, Rabu 2 Februari 2022.

Baca Juga: Ditegur Presiden Jokowi, Di Raker Jaksa Agung Minta Efektifkan Waskat

Dia mengingatkan bahwa Trapsila adalah istilah dari bahasa Jawa yang berasal dari kata “patrap” yaitu tempat berdiri dan kata “susila” yaitu baik. Arti kata Trapsila yaitu etika, tata krama, atau susila yang membahas tatanan cara bertindak dan berbuat serta menjadi acuan bagaimana Korps Adhyaksa bertindak dalam masyarakat umum.

"Trapsila Adhyaksa akan memberikan makna agar para insan Adhyaksa untuk senantiasa menjunjung etika dan tata krama dalam setiap menjalankan tugas dan profesinya,” ujarnya.

Baca Juga: Rakernis Kejaksaan 2021 Persiapan Transisi Untuk Pelaksanaan Siklus Baru

Burhanuddin menjelaskan, dalam lagu Mars Adhyaksa, terdapat juga frasa Trapsila yang mengandung arti Satya Adhi Wicaksana yang merupakan Doktrin Tri Krama Adhyaksa sebagai landasan jiwa Kejaksaan.

"Frasa Trapsila ini di samping memiliki nilai makna yang sangat baik, juga tertuang dalam bait lagu Mars Adhyaksa, oleh karenanya saya mengusulkan agar Trapsila Adhyaksa dapat untuk dijadikan sebagai corporate value Kejaksaan Tahun 2023," tuturnya.

Selain itu, dia juga menekankan, setiap insan Adhyaksa harus memiliki Hati Nurani sebagai cerminan dalam bekerja untuk dapat memberikan nilai kemanfaatan bagi masyarakat.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x