Burhanuddin Bentuk Tim Khusus Antisipasi Ledakan Konflik, Begini Modus Operandi Mafia Tanah

- 14 November 2021, 13:38 WIB
Jaksa Agung Burhanuddin
Jaksa Agung Burhanuddin /Foto: penkumkejagung/beritasubang.pikiran-rakyat.com

BERITA SUBANG - Jaksa Agung Burhanuddin membentuk tim khusus untuk menanggulangi sindikat mafia tanah, karenanya dia perintahkan jajaran Kepala Satuan Kerja baik Kejaksaan Tinggi (Kejati) maupun Kejaksaan Negeri (Kejari) agar segera bentuk tim khusus yang anggotanya gabungan antara jajaran intelijen, pidum dan pidsus.

Hal itu disampaikannya saat kunjungan kerja di Kejati Sumatera Utara pada Kamis 11 November 2021,

"Penanganan mafia tanah ini merupakan atensi khusus dari saya. Oleh karena itu, jangan sampai pegawai Kejaksaan ada yang terlibat atau menjadi backing para mafia tanah, Saya tidak akan segan-segan menindak dan menyeret mereka ke proses pidana," ucap Burhanuddin.

Dia menyampaikan bahwa salah satu kebijakan Pemerintah Pusat saat ini adalah menggencarkan upaya pemberantasan mafia tanah.

"Ini menjadi hal yang krusial sebab sepak terjang para mafia tanah sudah sangat meresahkan karena selain menghambat proses pembangunan nasional juga dapat memicu terjadinya banyak konflik sosial dan lahan yang berujung pada pertumpahan darah di banyak wilayah," ujar dia.

Baca Juga: Belum Dapat Sertifikat Tanah, Petani Penggarap Sukanegara Cianjur Mengadu ke DPR, Apa Kata Irwan!

Burhanuddin mensinyalir, mafia tanah telah membangun jejaring yang merajalela pada lembaga-lembaga pemerintah. Adapun kata dia ada berbagai modus operandi mafia tanah yang kerap dilakukan.

"Antara lain, Penggunaan surat hak-hak tanah yang dipalsukan; Pemalsuan warkah, surat, dan keterangan palsu; Jual bel fiktif; Penipuan atau penggelapan; Sewa menyawa; Menggugat kepemilikan tanah; atau Menguasai tanah seperti preman," ungkapnya.

Burhanuddin menegaskan salah satu upaya dalam memberantas mafia tanah adalah dengan menutup atau memperbaiki celah yang menjadi peluang masuknya jaringan mafia tanah.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x