Kisah 7 Petani Milenial Sukses Tembus Jual Sayuran ke Pasar Supermarket Saat Awal Masa Pandemi

- 21 Oktober 2021, 14:17 WIB
Hasil pertanian yang di tanam para petani milenial di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Jawa Barat,
Hasil pertanian yang di tanam para petani milenial di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Jawa Barat, /Foto: beritasubang.com/

BERITA SUBANG - Setelah menelusuri dari gang satu ke gang lainnya yang lebar jalanya cukup dilewati kendaraan roda empat, tibalah rombongan anggota DPR RI Irwan Ardi Hasman di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Selasa 19 Oktober 2021, sekira pukul 11.30 WIB, sesaat berkumandannya azan salat Zuhur.

Sekelompok anak muda masih dibawah usia 25 tahun telah kumpul di teras rumah yang luasnya 2 x 2,5 meter persegi ditengah awan tebal menyelimuti Desa Ciherang.

Saat kali pertama jumpa, tak terlihat dari raut wajah dan lengannya jika mereka mengarap lahan kosong seluas 6.000 meter persegi yang ditanami sayur mayur.

Bermula dari tangan Fahmi Maulana (23) pada tahun 2016 silam, setamat SMK dirinya ikut menanam sayuran, sekaligus memasarkan makanan penuh serat dan bergizi itu.

Baca Juga: Inovasi Serka Ardian Manulang Kembangkan Rice Milling Untuk Petani di Merauke

Tak disangka mereka ternyata petani milenial yang telah berjibaku mengarap lahan untuk dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan, bersama para petani lainya dengan menanam sayuran di desa itu.

"Awalnya saya sendiri, dimulai tahun 2016 begitu saya lulus sekolah dari SMK N 1 Pacet, Cianjur, sebelum tembus ke supermarket saya kirim-kirim sayuran ini ada beberapa perusahaan (sayur-mayur)," ujar Fahmi.

Lalu lanjut dia pada 2019 ada kesempatan memasukan sayuran itu ke supermarket, namun sebelumnya kerjasama dengan orang Jakarta yang hanya berlangsung selama tiga bulan.

"Dari situ saya menawarkan langsung ke toko ke Supermarket itu, Alhamdulillah disitu saya dapat kesempatan, saat itu sudah masuk masa pandemi Covid 19, kebutuhan sayur meningkat disitu ada kesempatan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x