DPR Dorong Pemerintah Manfaatkan Lahan di Cianjur Sebagai Potensi Ketahanan Pangan Bagi DKI Untuk Nasional

- 20 Oktober 2021, 13:30 WIB
Anggota DPR RI Irwan Ardi Hasman dan Anggota DPRD Cianjur Prasetyo Harsanto menunjukkan hasil hasil pangan garapan petani milenial Desa Ciherang.
Anggota DPR RI Irwan Ardi Hasman dan Anggota DPRD Cianjur Prasetyo Harsanto menunjukkan hasil hasil pangan garapan petani milenial Desa Ciherang. /Foto: beritasubang.com/

BERITA SUBANG - DPR mendukung langkah pemerintah yang tengah mengurus lumbung pangan nasional, demi kemaslatan masyarakat agar tidak menimbulkan krisis pangan pada masa masuk era anomali iklim. Minimal dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di Cianjur sebagai potensi ketahanan pangan bagi DKI Jakarta dan khususnya secara nasional. 

Anggota DPR RI Irwan Ardi Hasman saat menyambangi warga Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa 19 September 2021, mengatakan bagi Pemerintah Daerah perlu membuat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam membentuk Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW dari seluruh luasan lahan yang bisa dimanfaatkan masyarakat, hal itu untuk mendukung dan mencegah efek negatif anomali iklim terhadap kebutuhan pangan secara nasional. Sehingga dicapai ketercukupan pangan.

"Sekarang ini, kalau dari Tata Ruangnya, pemerintah daerah disini (Cianjur) jangan menghilangkan mata rantai pencarian para petani, misalnya dari sisi kepentingan perkebunan, persawahan dan pertanian. Harus saling mendukung, sebab hasil pertanian itu juga adalah kebutuhan dari masyarakat perkotaan," ucap Irwan dalam keteranganya, Rabu 20 Oktober 2021.

Baca Juga: Bangun Rumah di Atas Lahan Orang, Ngabalin Sebut Rocky Gerung Dungu

Kalau lahan tanah pertanian hilang diganti bangunan industrikan atau dibangun perumahan itu nanti akhirnya kita tidak akan bisa mandiri, pangan kita jadi bermasalah. Apalagi pemerintah sedang mempersiapkan lumbung pangan nasional," sambungnya.

Dia menegaskan penataan tata ruang didalam suatu wilayah sangat penting untuk kemajuan suatu daerah, apalagi kata dia ketika ada lahan yang tanahnya subur namun lahan itu tidur, sangat disayangkan tidak dimanfaatkan.

Supaya kebutuhan pangan bisa tercukupkan, sesuai rencana Pemerintah Pusat dalam menjaga ketahanan pangan. Karena itu perlunya penataan tata ruang yang bertumpu pada ketahanan pangan.

"Memang penataan ruang itu penting. Apalagi tidak terlalu banyak lagi lahan-lahan yang sangat baik untuk ditanami sayuran yang ketinggiannya lebih dari 1000 meter. Lahan seperti di Cianjur ini jarang di Indonesia. Sehingga wilayah ini sangat layak diprioritaskan untuk menopang tanaman pangan," papar anggota Fraksi Gerindra itu.

Baca Juga: Bangun Usaha Pertanian Bisa Cuan Maksimal di Era Pandemi, Begini Cara Mengolahnya

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x