Inovasi Serka Ardian Manulang Kembangkan Rice Milling Untuk Petani di Merauke

- 4 September 2021, 01:24 WIB
Serka Ardian Manulang Personel Korem 174 ATW Merauke bersama Menpan Syahrul Limpo
Serka Ardian Manulang Personel Korem 174 ATW Merauke bersama Menpan Syahrul Limpo /Foto: Penrem 174 Merauke/

BERITA SUBANG - Serka Ardian Manulang Personel Korem 174 ATW Merauke menorehkan prestasi sebagai orang yang pertama kali yang berhasil mengembangkan Rice Milling Unit (RMU) guna membantu petani di Merauke, Papua.

Setelah sebelumnya usaha yang dilakukannya sama sekali belum membuahkan hasil.

Kisah ini berawal saat tahun 2017, dimana banyak petani yang mengeluh saat mereka panen hasilnya belum memuaskan dan tidak dapat terserap oleh Bulog akibat kurangnya mutu produksi dan sulitnya menjual hasil panen.

Kondisi inilah membuat Serka Ardian Manulang salah seorang Prajurit TNI yang peduli dan mencintai dunia pertanian, tergerak hatinya untuk berusaha mencari cara membantu mengatasi kesulitan masyarakat tersebut.

Selanjutnya  Ardian berinisiatif mempelajari permasalahan tersebut dan mencoba mencari solusinya.

Baca Juga: Satgas TNI Bersama Organisasi Islam Gelar Bansos Beri Santunan Ke Anak Yatim Piatu

Kemudian di tahun 2018 dirinya mulai melakukan  eksperimen dengan membuat Bed Dryer System Indirect yang mana uap panas tidak langsung untuk mengeringkan gabah agar lebih cepat kering untuk digiling.

Pada eksperimen tersebut, Serka Ardian Manulang sempat lima kali mengalami kegagalan, namun membuat dirinya tak lantas menyerah.

Karena ketekunannya, pada percobaan yang keenam, akhirnya Serka Ardian Manulang berhasil mengembangkan karyanya dan mendapatkan kualitas gabah kering yang bagus.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x