Bukan Gendam Bukan Sihir, Begini Modus Kelompok Pendeta Gadungan Tipu Korbannya

- 12 Oktober 2021, 19:27 WIB
Ilustrasi tangkap pelaku kejahatan.
Ilustrasi tangkap pelaku kejahatan. /Foto: Freepik/

BERITA SUBANG - Terlalu, sungguh, sangat, amat terlalu kelakuan empat kawanan pendeta gadungan ini. Lha bagaimana tidak. Mereka tega-teganya memperdaya korbannya, sampai rela menyerahkan ATM dan memberitahu nomor PIN-nya. Begini akibatnya!.

Aksi ini berawal saat keempat pelaku, berinisial SD dari Kalimantan Barat, AM dari Sulawesi Selatan, berinisil SS dari Jakarta dan berinisial II dari Sulawesi Tengah melakukan kopi darat di Jakarta.

Kepada wartawan AM mengaku saat bertemu atau kopi darat alias kopdar disitulah mereka mulai punya ide merencanakan aksi tipu menipunya. Keempat kawanan penipuan ini pun sepakat melakukan akting berpura-pura menjadi pendeta.

Dengan lagak, logat dan gaya yang meyakinkan, keempat pria ini berhasil membuat korban berinisial MJS tidak berdaya dan percaya begitu saja. Wajar, umurnya sudah 70 tahun.

Baca Juga: Cegah Kejahatan di Bulan Suci, Kapolsek Pusakanagara Bubarkan Kerumunan Motor di Gerbang Acces Road Patimban

Keempat pria ini mengaku kepada korban bahwa ia akan menyumbang gereja. Maka dia meminta tolong menitip transferan ke rekening MJS. Bukan hanya bermodal akting, keempat pelaku ini bahkan memberikan iming-iming kepada korban.

Pantas saja kalau terpedaya begitu saja. Saking percayanya, MJS bahkan sampai rela memberikan kartu ATM berikut PIN-nya.

“Oleh para pelaku, kartu ATM ditukar dengan kartu ATM yang tidak berlaku dan uang di ATM korban diambil para pelaku sehingga korban mengalami kerugian Rp. 38.606.852,00,” kata Wakapolres Magelang Kota, Kompol Supriyadi dalam keterangannya, Selasa 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Cegah Kejahatan di Bulan Suci, Kapolsek Pusakanagara Bubarkan Kerumunan Motor di Gerbang Acces Road Patimban

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x