Emha Ainun Nadjib Sebut Ada Figur Pengendali Indonesia di luar Jokowi dan Megawati

- 15 Agustus 2021, 11:07 WIB
Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib /Instagram/ @gamelankiaikanjeng

BERITA SUBANG - Budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun mengajak rakyat Indonesia tidak membenci Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pernyataan Cak Nun soal Jokowi diungkapkan lewat video yang tayang di kanal YouTube Saeful Zaman yang diunggah Sabtu 14 Agustus 2021.

Tayangan video berjudul ‘Siapa di Belakang Jokowi dan Megawati yang Mengendalikan Mereka’ tersebut, awalnya Cak Nun hendak menyampaikan bahwa apa yang kita ketahui tentang Indonesia masih sangat terbatas.

Baca Juga: Biodata Emha Ainun Nadjib, Suami Novia Kolopaking, Kenapa Cak Nun Sebut Ada Figur Pengendali di Luar Jokowi ?

Cak Nun beranggapan, banyak pihak yang mungkin mengira kekuasaan tertinggi dipegang Presiden Jokowi. Namun demikian, kenyataannya ada sosok lain yang lebih kuat di balik Jokowi.

“Indonesia ini bukan hanya sekadar yang kamu sangka, ada segmen-segmen, ada level-level, ada kader-kader yang menjadi faktor berubahnya Indonesia. Jangan pikir Indonesia berlangsung seperti yang kalian skenariokan,” kata Cak Nun.

Cak Nun justru mengaku kasihan terhadap Presiden Jokowi. Sebab, kata dia, selama menjabat Jokowi berada di bawah tekanan berat. Sehingga, suara yang dia sampaikan bukan menjadi satu-satunya keputusan mutlak.

Baca Juga: Viral Video Menag Yaqut Qoumas Pindah Agama dan Dibaptis, Seperti apa Faktanya

“Anda jangan benci Jokowi, jangan benci Mega, atau jangan benci siapapun yang seakan-akan berkuasa. Anda harusnya merasa kasihan dengan mereka,” tutur Cak Nun.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah