Biodata Emha Ainun Nadjib, Suami Novia Kolopaking, Kenapa Cak Nun Sebut Ada Figur Pengendali di Luar Jokowi ?

- 15 Agustus 2021, 22:46 WIB
 Profil Cak Nun. /Tangkap Layar
Profil Cak Nun. /Tangkap Layar /instagram.com/@gamelankiaikanjeng /

BERITA SUBANG - Berikut biodata Emha Ainun Nadjib, suami dari aktris lawas Novia Kolopaking. Ada apa dengan Cak Nun hingga ia berkomentar ada figur pengendali di luar Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri?

Ada yang mengejutkan dari Kanal Youtube Saeful Zaman, yang mempunyai subscribers hingga 447k, alias 447 ribu.

Sempat diupload — namun kini videonya telah didelete — komentar Emha Ainun Nadjib bernada satir (sindiran), ketika budayawan dan intelektual muslim asal Jombang, Jawa Timur, ini mengatakan ada sosok lain yang lebih kuat di balik Jokowi.

Dalam tayangan video berjudul 'Siapa di Belakang Jokowi dan Megawati yang Mengendalikan Mereka' tersebut, si pengunggah, yakni admin di Kanal Youtube Saeful Zaman, bahkan membuat cover foto ilustrasi yang cukup menohok.

Seperti diberitakan sebelumnya, awalnya Cak Nun hendak menyampaikan bahwa apa yang diketahui masyarakat umum tentang (siapa berkuasa) Indonesia masih sangat terbatas.

Cak Nun sempat berkomentar bahwa ada segmentasi, ada level dan kader-kader yang menentukan peta kekuasaan di Indonesia. 

(Atas) link video di Kanal Youtube Saeful Zaman yang telah didelete, (bawah) tangkapan layar video yang pernah ditayangkan sebelum di delete. Ada apa?
(Atas) link video di Kanal Youtube Saeful Zaman yang telah didelete, (bawah) tangkapan layar video yang pernah ditayangkan sebelum di delete. Ada apa?

"Indonesia ini bukan hanya sekadar yang kamu sangka, ada segmen-segmen, ada level-level, ada kader-kader yang menjadi faktor berubahnya Indonesia. Jangan pikir Indonesia berlangsung seperti yang kalian skenariokan," kata Cak Nun.

Cak Nun menambahkan yang membenci Presiden Jokowi justru harusnya mengaku kasihan, sebab mereka berada di bawah tekanan berat, sehingga kebijakan mereka bukanlah sebuah keputusan mutlat.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah