Biodata Yaqut Cholil Quomas, atau Gus Yaqut Putra KH Muhammad Cholil Bisri Pendiri PKB dan Tokoh NU

- 15 Agustus 2021, 15:34 WIB
/Dok. Kemenag.go.id/

BERITA SUBANG - Berikut biodata Yaqut Cholil Quomas, atau Gus Yaqut Putra KH Muhammad Cholil Bisri, pendiri PKB dan tokoh Nahdlatul Ulama yang pernah menjabat Wakil Bupati Rembang Periode 2005 hingga 2010 dan anggota DPRD Kabupaten Rembang periode 2004-2005.

Baru-baru ini ada sebuah berita hoax yang beredar menyebutkan menteri agama pindah agama dan dibaptis. Video hoax dengan narasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pindah agama pertama kali beredar di situs berbagi video YouTube, yang kemudian beredar secara berantai melalui platform chatting WhatsApp.

Video hoax tersebut pertama kali diunggah akun Official News Update, Jumat 13 Agustus 2021, yang kemudian kini kanal tersebut telah dihapus oleh sang pemilik akun. Berdasarkan analisa tim redaksi Berita Subang, konten yang dipublikasikan video tersebut merupakan konten yang menyesatkan karena ada penggabungan gambar, kegiatan, dan narasi yang sifatnya tidak terkait satu-sama lain.

Baca Juga: Vicon Menag Yaqut Cholil Qoumas - Dubes Bahas Sinergi Indonesia-UEA: Ada 100 Imam Masjid Dikirim ke Abu Dhabi?

Biodata Yaqut Cholil Quomas

Berikut biodata lengkap Menteri Agama RI ke-24 di Kabinet Indonesia Maju, yang mulai bertugas di Kementrian Agama sejak 23 Desember 2020.

Putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa ini juga masih merupakan saudara dari Yahya Cholil Staquf, tokoh senior di Nahdlatul Ulama.

Gus Yaqut mengenyam pendidikan SD nya di SDN Kutoharjo pada 1981 sampai 1987, sebelum melanjutkan pendidikannya di SMPN II Rembang (1987–1990). Ia kemudian meneruskan pendidikan ke SMAN II Rembang, sebelum lanjut kuliah di Universitas Indonesia jurusan sosiologi.

Baca Juga: Waspadai Hoaks Ini : Beredar di Medsos Penerapan Aturan Salat Jumat Dua Gelombang Ganjil Genap

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x