Wakil Jaksa Agung Akui Jampidmil Lahir Dari Rahim Pemikiran PJI

- 15 Juni 2021, 16:38 WIB
Wakil Jaksa Agung yang juga Ketua Umum PJI Setia Untung Arimuladi
Wakil Jaksa Agung yang juga Ketua Umum PJI Setia Untung Arimuladi /Foto: Puspenkum Kejagung/

BERITA SUBANG - Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi mengajak warga Korps Adhyaksa untuk menjaga marwah institusi, sebagai wajah Pemerintah agar terus berprestasi meski ditengah pandemi Covid-19 ini.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan upacara peringatan HUT ke-28 Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) secara virtual dari komplek Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa, 15 Juni 2021 ini.

"Menjaga marwah institusi untuk terus berprestasi, merupakan tema yang relevan mengingat upaya bersama untuk mewujudkan marwah penegakan hukum tidaklah dapat dipisahkan dengan rasa, kepercayaan masyarakat (public trust) terhadap institusi yang kita cintai," ucap Setia Untung.

Kata Setia Untung yang juga Ketua Umum PJI itu menegaskan, saat ini institusi Kejaksaan merupakan poros sekaligus organ negara utama (main state organ) memang belum berada pada posisi yang ideal secara konstitusional, tentu hal tersebut janganlah membuat berkecil hati untuk lalu berdiam diri.

"Namun sebaliknya menjadi pelecut bagi PJI untuk terus bergerak, berkarya, mengerahkan sumber daya organisasi yang dimiliki untuk memberikan sumbangsih pemikiran, terobosan, dan inovasi sehingga pji dan institusi kejaksaan senantiasa relevan dalam pembangunan hukum nasional Indonesia," ungkapnya.

Ditekankan dia pada gilirannya, prestasi yang sepenuh hati akan dipersembahkan bagi masyarakat, bangsa, dan negara, sebagai wujud nyata tegaknya marwah institusi Kejaksaan sebagai wajah pemerintah serta wajah kepastian hukum Indonesia di mata rakyat dan di mata Internasional melalui akomodasi pengaturan peran, posisi dan kedudukan yang tegas, eksplisit dan jelas bagi institusi, sesuai harapan bersama.

"Di samping itu, PJI juga dapat berperan sebagai katalisator bagi terbentuknya jaksa yang berintegritas dan bersih dari perbuatan tercela dan perilaku tidak terpuji," tuturnya.

Baca Juga: PJI Usulkan Jaksa Agung ke-4 R Soeprapto Jadi Pahlawan Nasional, Setia Untung: Ada Keberanian dan Ketegasan

Setia Untung menegaskan patut disadari dan dipahami dengan menyandang profesi terhormat sebagai seorang jaksa, maka melekat erat didalamnya sumpah, komitmen moral, dan janji luhur yang meletakkan kewajiban untuk harus selalu menjaga ahlak, etika, dan sikap mental terpuji.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x