Gelombang Kedua Covid-19 di 'Depan Mata', Riau, Aceh Sumut dan Sumbar Perlu Siaga

- 23 Mei 2021, 07:31 WIB
Pasien Covid-19 di India terancam oleh Mukormikosis atau infeksi jamur hitam.
Pasien Covid-19 di India terancam oleh Mukormikosis atau infeksi jamur hitam. /Tangkapan layar youtube.com/ Al Jazeera English

BERITA SUBANG -Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan, gelombang kedua kasus Covid-19 berpotensi terjadi di Indonesia.

Kenaikan kasus tersebut berpotensi terjadi di Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Utara (Sumut), dan Sumatera Barat (Sumbar).

"Kemungkinan gelombang kedua itu bisa saja terjadi. Saat ini kenaikan kasus positif sudah mulai terjadi," ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Hari B Harmadi dalam diskusi virtual, Sabtu 22 Mei 2021.

Faktor penyebab kenaikan kasus Covid-19 adalah lemahnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam sebulan terakhir.

Baca Juga: Layanan Hotline 110, Layanan Cepat Aduan Masyarakat Diresmikan Kapolri, Didampingi Panglima TNI

Kemudian, mobilitas masyarakat naik karena arus mudik, libur Idul Fitri, dan arus balik serta motivasi untuk mematuhi protokol kesehatan naik-turun.

Menurut Satgas Penanganan Covid-19, hingga Sabtu 22 Mei 2021, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.769.940 kasus.

Adanya penambahan 5.296 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam kurun waktu 24 jam terakhir.

Sementara itu, pasien yang tutup usia setelah terpapar Covid-19 bertambah 132 orang, sehingga angka kematian mencapai 49.025 orang, terhitung sejak awal pandemi.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x