Tercatat 849 Orang Masuk Jabodetabek Pada Arus Balik Lebaran 2021, Seorang Pemudik Positif Covid-19

- 15 Mei 2021, 23:52 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat meninjau petugas sedang melakiukan tes antigen kepada pemudik di pos pemeriksaan atau check point di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, Sabtu, 15 Mei 2021.
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat meninjau petugas sedang melakiukan tes antigen kepada pemudik di pos pemeriksaan atau check point di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, Sabtu, 15 Mei 2021. /Doc. Korlantas Polri/

BERITA SUBANG - Setidaknya petugas mencatat ada 849 orang arus balik yang masuk ke wilayah Jabodetabek saat arus balik Lebaran 2021, diantaranya ada seorang pemudik ditemukan positif Covid-19 saat menjalani tes antigen di beberapa titik yang berada di pos penyekatan mudik 2021.

Kepala Kors Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan petugas telah melakukan tes antigen secara acak atau random sampling terhadap 849 orang yang melintasi 35 pos penyekatan mudik 2021 saat menuju Jabodetabek.

"Terdapat satu orang yang reaktif COVID-19," kata Istiono dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu, 15 Mei 2021.

Baca Juga: 600 Kendaraan Diputar Balik Sejak Berlakunya Penyekatan Mudik 2021, di Depok Arus Balik Kena Swab Antigen

Istiono saat meninjau kesiapan petugas yang berjaga di pos pemeriksaan atau check point di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat menegaskan bahwa tes antigen tersebut dilakukan sebagai persyaratan masyarakat untuk dapat kembali ke wilayah Jabodetabek, guna menekan kasus penyebaran Covid-19 usai libur Lebaran 2021 ini.

"Pengetesan itu dilakukan juga menjelang prediksi arus balik mudik lebaran yang akan terjadi Minggu besok," ucap Jendral bintang dua itu.

Baca Juga: Suasana Lebaran 2021 di Papua Prajurit TNI Berbagi Kepada Ibu Hamil dan Anak-anak di Distrik Muara Tami

Dia memperkirakan setidaknya ada sekitar 1,5 juta masyarakat dari Jawa maupun Sumatera yang balik ke Jabodetabek usai mudik hari raya Idul Fitri 1442 H ini.

"Satgas Covid-19 bersama instansi terkait, semuanya, Polri, mengantisipasi ini. Kemarin disepakati, 25 titik yang harus wajib dibangun melaksanakan random test dan wajib untuk random test yang khususnya dari Sumatera," ungkap dia.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah