Supaya Kuat Jalankan Ibadah Puasa Disaat Covid-19, Lima Hal Ini Bisa Jadi Rujukan

- 14 April 2021, 14:37 WIB
Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir
Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir /Doc. laman web Muhammadiyah.or.id/

BERITA SUBANG - Agar amalan ibadah puasa tak sia-sia dan lebih kuat dalam menjalankanya, bahkan lebih dari menahan lapar dan haus ini lima hal ini bisa jadi rujukan dari pengurus Muhammadiyah.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir pun memberi kiat-kiat agar puasa berjalan baik dan menghasilkan kejujuran seperti petunjuk Al Qur'an dan ajaran para nabi.

Berikut lima hal yang dapat dijadikan rujukan dalam pesan Haedar Nashir pada bulan suci Ramadan 1442 H ini, seperti dikutip dari laman web Muhammadiyah.or.id, Jakarta, Rabu, 14 April 2021.

Baca Juga: Pertimbangan Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir Agar Masyarakat Tidak Mudik Lebaran 2021

Pertama, dalam melaksanakan puasa harus betul-betul dengan kondisi lahir dan batin. Jangan sampai puasa itu hanya mengubah jadwal makan dan minum, tetapi tidak mengubah perilaku makan dan minum kita yang dimestikan untuk tetap tidak boleh israf atau melampaui batas.

"Lebih dari sekedar menahan lapar dan haus, puasa batin dapat menghasilkan perilaku yang jujur. Tidak hanya jujur di muka, namun jujur di mana saja bahkan dalam kondisi yang jauh. Puasa yang menghasilkan kejujuran dikala di rumah lebih-lebih di luar rumah itulah wujud sebenarnya puasa yang lahir dan batin," ujar Haedar.

Baca Juga: Jokowi Bakal Reshuffel Kabinet di Bulan Ramadan Ini, Joman Beberkan Lima Menteri yang Diganti

Sebagai halnya kisah nabi, pada suatu saat nabi sedang keliling di kota Madinah ada seseorang yang sedang memaki-maki hamba sahayanya padahal saat itu bulan puasa lalu nabi dengan santun memberi kurma kepada orang itu.

“Ya Rasul kenapa engkau berikan kurma padahal aku sedang berpuasa?” apa kata nabi?. Banyak orang yang puasa namun dia tidak mendapatkan apapun dari puasanya selain lapar.”

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x