Game Over Buzzer Rupiah! Abu Janda Itu Penyusup NU, Tukang Bikin Gaduh! Kata Mantan Jubir Gus Dur dan Waka BIN

- 3 Februari 2021, 03:58 WIB
Game Over Buzzer Rupiah! Mantan Jubir Gus Dur bilang Abu Janda itu penyusup NU, tukang bikin gaduh. Mantan Waka BIN KH As'ad Ali mengingatkan warga NU untuk mewaspadai Abu Janda-Abu Janda lainnya.
Game Over Buzzer Rupiah! Mantan Jubir Gus Dur bilang Abu Janda itu penyusup NU, tukang bikin gaduh. Mantan Waka BIN KH As'ad Ali mengingatkan warga NU untuk mewaspadai Abu Janda-Abu Janda lainnya. /Foto: Twitter @AdhieMassardi (atas), https://www.nu.or.id/ (kiri, foto KH Asad Ali) dan akun Twitter Abu Janda (@permadiaktivis1)/

BERITA SUBANG - Istilah buzzer rupiah mencuat sejak Abu Janda, yang ternyata bernama lengkap Heddy Setya Permadi ini, dilaporkan DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) soal dugaan penghinaan dan perbuatan rasisme terhadap tokoh Papua Natalius Pigai.

Apakah buzzer rupiah, atau sering disingkat buzzer RP itu? Buzzer RP merupakan istilah pemilik akun-akun (tidak hanya satu) di media sosial yang mendapat pesanan tertentu, termasuk pesanan politik atau untuk kepentingan tertentu dengan sejumlah bayaran.

Ada berbagai macam tehnik buzzer rupiah, yang seyogyanya adalah tehnik dasar para influencer, atau pegiat sosmed, yang disalahgunakan demi kepentingan golongan tertentu.

Polisikan Abu Janda, Begini Kondisi Ketum KNPI Mulai Akun Twitter Sampai Rumah Di Teror

Hal ini dapat dilakukan dengan menunggangi issu, topik viral, topik terpanas, hashtag terpopuler, dengan cara berkomentar mencari simpati, memanfaatkan emosi publik, termasuk melakukan penggiringan opini secara halus maupun kasar.

Informasi yang disebarkan tidak melulu bersifat palsu, atau fake news. Seringnya buzzer RP ini, selain dibekali uang saku lumayan oke, juga dibekali informasi A1 dari pemesan agar cepat membuat heboh netizens dan viral. 

Caranya adalah dengan memposting yang didapat, lalu berkomentar, bereaksi terhadap postingan pesanan melalui akun terafiliasi, jejaring, akun utama, maupun akun palsu (fake account) yang dikendalikan.

Ambroncius Nababan Jadi Tersangka, Bagaimana Abu Janda?, Lieus Semoga Polri Tidak Tebang Pilih

Kini ujaran rasisnya Abu Janda terhadap aktivis HAM, Natalius Pigai, membuat Abu Janda harus menjalani proses hukum oleh polisi, setelah KNPI melaporkan tindakannya ke aparat kepolisian.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x