Tangkal Penyebaran Covid-19, Polisi Gelar Tes Swab Di 70 Titik Dari Banten-Cikampek

- 18 Desember 2020, 12:25 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono /PMJNews/Doc PMJ

BERITA SUBANG-Polisi akan mengelar pengamanan dengan sandi Operasi Lilin sejak 21 Desember 2020-4 Januari 2021. Korlantas Polri sebagai ujung tombak diberi tanggungjawab atas pengawasan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam siaran pers yang diterima wartawan, Jakarta, Jumat, 18 Desember 2020 menyebutkan pihaknya akan menerapkan test swab antigen di 70 titik rest area sepanjang tol Banten hingga Cikampek bagi pelanggar prokes selama pelaksanaan Operasi Lilin 2020.

“Nantinya kita akan melakukan tes swab antigen mulai Banten hingga Cikampek diperkirakan ada 70 titik rest area, nantinya kami dilakukan random cek apabila ada pengunjung melanggar protokol kesehatan,” kata Irjen Pol Istiono.

Ia menjelaskan dalam operasi yustisi prokes ini juga dilakukan dalam sekala besar bersama unsur TNI.

Bahkan, pada perayaan hari Natal 2020, pihaknya menerapkan pengetatan prokes disemua gereja dengan ketentuan batas kedatangan jemaat maksimal 50 persen dari kapasitas ruang gereja dan selebihnya melalui virtual.

"Tidak boleh mendirikan tenda di luar gereja. Ini berlaku di semua wilayah, tidak terkecuali wilayah yang mayoritas umat kristiani," ucapnya.

Dalam operasi lilin 2020 ini, Polisi mengerahkan 123.451 personel yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan targer untuk memutus klaster baru penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa.

Hal itu kata Jendral bintang dua ini untuk mewujudkan Kamtibmas yang kodusif dalam pelaksanaan ibadah natal dan tahun baru, serta terciptanya keamanan berkendaraan guna menurunkan korban kecelakaan.

"Ketentuan itu dilakukan mengingat pergerakan besar dapat menimbulkan Kamtibmas dan ini harus diantisipaai. Terlebih disaat pandemi Covid-19 agar dapat dicegah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x