Cara Mengatasi dan Penyebab Gusi Bernanah, Jika Dibiarkan Dapat Sebabkan Penyakit Berbahaya Lho!

- 25 Mei 2021, 01:29 WIB
Ilustrasi gusi berdarah
Ilustrasi gusi berdarah /Pexels/Andrea Piacquadio

BERITA SUBANG - Kesehatan mulut adalah salah satu kesatuan dari kesehatan tubuh manusia. Kesehatan mulut sendiri terbagi dalam kesehatan gigi dan gusi jika salah satu nya saja tidak terawat maka akan meningkatkan resiko penyakit berbahaya.

Beberapa tahun lalu mungkin masih banyak masyarakat kita yang mengabaikan kesehatan mulut dan gigi, namun kini sudah semakin banyak masyarakat, yang perduli.

Sama seperti bagian tubuh manusia lainnya, mulut juga dipenuhi dengan bakteri. Kebiasaan sehat seperti menyikat gigi secara teratur dapat menjaga agar bakteri tetap terkontrol.

Namun, menyikat gigi saja tidak cukup. Dibutuhkan perawatan secara rutin untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat.

Gusi bernanah bisa terjadi karena infeksi bakteri yang diakibatkan adanya gigi berlubang atau kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga.

Baca Juga: Makanan Terburuk bagi Penderita Refluks Asam Lambung

Dilansir dari Medical News Today, bakteri akan membentuk plak hitam, lalu membuat gigi busuk, sampai akhirnya kumat yang terdapat di gigi tersebut akan menyebar dan  menginfeksi jaringan gusi yang terbuka.

Selanjutnya tubuh akan merespon infeksi tersebut dengan mengirimkan banyak sel darah putih, dan itulah yang menyebabkan peradangan diarea gusi.

Tidak hanya bengkak namun peradangan tersebut akan menyebabkan berbagai kondisi lainnya seperti, bau mulut, sampai demam dan masih banyak gejala yang akan timbul.

Cara Mengatasi Gusi Bernanah

Banyak sekali cara yang bisa membantu mengatasi gusi bernanah, mulai dari cara alami yang bisa dilakukan dirumah sampai dengan prosedur medis yang disarankan oleh dokter.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x