Musim Pancaroba, Waspada Penyakit Flu, Pusing, Kelelahan hingga Pembengkakan Tiroid, Hindari Makanan Ini

- 4 Januari 2023, 21:54 WIB
Waspada pembengkakan kelenjar tiroid di musim pancaroba
Waspada pembengkakan kelenjar tiroid di musim pancaroba /Pexels/Darina Belonogova/

BERITA SUBANG - Memasuki musim hujan di bulan Januari 2023 ini, masalah penyakit akibat peralihan musim atau biasa disebut musim pancaroba dapat membawa banyak risiko kesehatan.

Penduduk di Indonesia berisiko terkena gangguan kesehatan saat musim pancaroba karena oleh meningkatnya paparan dan transmisi berbagai bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pernapasan dan alergen seperti serbuk sari.

Penyakit seperti flu, pusing, kelelahan, hingga pembengkakan kelenjar tiroid umum terjadi pada musim pancaroba.

Karenanya, untuk menghadapi musim pancaroba seperti sekarang ini, anda sebaiknya tetap memperhatikan gaya hidup sehat seperti olahraga teratur, makan makanan bergizi, dan penuhi asupan vitamin harian anda.

Pada akun YouTubenya, dr Zaidul Akbar mengimbau agar pemirsa menghindari makan makanan yang terpapar logam berat. Kemudian, juga disarankan untuk tidak mengonsumsi daging olahan.

"Daging olahan itu kan dari awalnya daging, diolah-olah dengan ditambahkan ini segala macam, tentunya ada data, itu bisa menurunkan imunitas orang," kata dr Zaidul Akbar.

Lebih lanjut, dr Zaidul Akbar menuturkan, makan makanan yang berasal dari karbohidrat olahan termasuk gula pasir merupakan akar dari banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah lonjakan gula darah.

Karena itu, dr Zaidul Akbar menegaskan, apabila kita ingin menjaga agar tubuh tetap stabil, maka kita harus mengurangi konsumsi makanan tinggi gula.

"Gula yang tinggi dalam tubuh seseorang itu akan memicu peradangan di semua organ dalam tubuh kita. Karena ya darahnya sudah penuh dengan gula yang tidak bisa dimasukan ke dalam sel akibat insulinnya bermasalah," ujarnya.

Ttubuh akan menjadi lemas dan tidak bertenaga jika hal tersebut terjadi.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x