Viral Pedagang di Jepang Jualan Pakai Bahasa Jawa

- 5 Februari 2021, 15:04 WIB
pedagang makanan di Jepang menjajakan makanan khas Indonesia dengan Bahasa Jawa
pedagang makanan di Jepang menjajakan makanan khas Indonesia dengan Bahasa Jawa /Foto:Screnshot Akun @akulibra02/

 

BERITA SUBANG– Seorang pedagang makanan di Jepang menjajakan makanan khas Indonesia dengan Bahasa Jawa yang merupakan salah satu Bahasa daerah di Indonesia.

Hal tersebut diketahui setelah sebuah video yang diunggah di tiktok oleh akun @akulibra02 yang berasal dari Madiun dan sedang bekerja di Jepang menjadi viral.

"Ada yang jual bakso keliling cek, daerah Shikoku bisa merapat," tulisnya dalam keterangan pada unggahan tesebut.

Terlihat dari menu, wanita tersebut menawarkan tak hanya bakso beranak dan bakso bertelur, tapi juga berbagai ragam tren makanan di Indonesia seperti ayam bakar, tempe mendoan, martabak telor, lumpia hingga kerupuk jengkol.

Jika dirupiahkan dengan kurs hari ini dimana 1 Yen saa dengan Rp133.14, maka untuk mendapatkan bakso, pembeli harus membayar Rp98.716 hingga Rp111.838. Tapi hal tersebut tidak dapat dibandingkan dengan harga di Indonesia, karena harga daging di Jepang berikasar antara 200ribu per 100 gram untuk sapi hitam hingga 4juta per 100 gram untuk ‘Kobe Beef’.

Berjualan secara keliling dari dalam mobil yang telah di modifikasi, penjual bakso tersebut terlihat ramai didatangi oleh pembeli dari Indonesia di daerah Shikoku, Kota Matsuyama, Ehime, Jepang.

Ia melayani para pembeli dengan Bahasa Jawad dan logat Jawa yang sangat fasih. 

“iki sing beranak sik (ini yang pesan bakso beranak dulu),” ucapnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x