Dirjen Kominfo Menyatakan Diperlukan Kerja Sama dari Seluruh Pihak untuk Menjalin Komunikasi Publik yang Baik

- 21 Agustus 2021, 13:34 WIB
Dirjen Kominfo, Usman Kansong, dalam sesi wawancara di kanal YouTube Kemkominfo TV.
Dirjen Kominfo, Usman Kansong, dalam sesi wawancara di kanal YouTube Kemkominfo TV. /Dok. Tangkapan layar YouTube Kemkominfo TV/

BERITA SUBANG - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, menyatakan bahwa perlu penyelarasan dari semua pihak, termasuk dari pihak kementerian, lembaga, dan pemerintah, agar tercipta komunikasi publik yang baik dan menghindari hoaks atau misinformasi.

Usman Kansong menyatakan salah satu tantangan Komunikasi Publik di masa reformasi ini adalah informasi yang terdesentralisasi atau tersebar, berbeda dengan masa orde baru yang tersentralisasi.

Maka dari itu, diperlukan harmonisasi antara masyarakat, lembaga-lembaga, serta pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun daerah yang mana ia sebagai Dirjen IKP menjadi "dirijen" dari informasi yang tersebar ini agar terjalin komunikasi yang baik dan pesan-pesan baik dari pemerintah tersampaikan ke publik.

Tantangan lain adalah transformasi dari media konvensional ke media digital yang menyebabkan dirupsi. Usman Kansong menyampaikan untuk mengatasi hal ini Kominfo melakukan edukasi kepada masyarakat agar menggunakan media sosial untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan.

"Tentu saja pesan ini dapat berupa kritik, asalkan kritik ini demi kebaikan masyarakat pasti akan diakomodasi oleh pemerintah," ujarnya dalam Talkshow TokTokKominfo episode 74 yang diadakan di Kantor Kementerian Kominfo pada hari Jumat, 20 Agustus 2021, melalui kanal YouTube Kemkominfo TV.

Usman Kansong juga menyampaikan pandemi Covid-19 yang kini sedang terjadi juga merupakan tantangan untuk Kominfo karena selain terjadi krisis di berbagai segmen, juga tersebarnya hoaks atau misinformasi dan disinformasi mengenai Covid-19 yang dapat merugikan masyarakat.

Harmonisasi Komunikasi Publik antara Kementerian, lembaga, dan masyarakat ini disampaikan Dirjen IKP sebagai humas dari pemerintah bertujuan untuk menciptakan kepercayaan publik kepada pemerintah.

Usman Kansong juga menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus disampaikan oleh Kominfo mengenai informasi Covid-19, yaitu tentang fasilitas kesehatan, perlindungan sosial, serta vaksinasi. Kominfo di sini bertugas untuk menyinkronkan pesan-pesan penanganan Covid-19 agar tidak terjadi distorsi informasi di masyarakat.

Dirjen IKP menyampaikan di era post truth ini juga merupakan tantangan Kominfo, di mana masih banyak orang yang lebih percaya dengan politisi dibandingkan dengan para ahli. Infodemic juga merupakan tantangan Kominfo, di mana informasi yang ada kini mengalir terlalu deras dan menyebabkan banyaknya berita yang mengandung hoaks atau misinformasi dan disinformasi.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x