Google akan Memperingatkan Pengguna Apabila Hasil Penelusuran Kurang Dapat Diandalkan

- 26 Juni 2021, 15:33 WIB
Google akan memperingatkan pengguna apabila hasil pencarian kurang bisa diandalkan.
Google akan memperingatkan pengguna apabila hasil pencarian kurang bisa diandalkan. /Dok. Google/

BERITA SUBANG - Google sedang menguji fitur baru untuk memperingatkan orang-orang ketika mereka mencari topik yang mungkin memiliki hasil yang kurang dapat diandalkan.

Langkah ini dianggap merupakan langkah penting oleh Google untuk memberikan lebih banyak konteks kepada orang-orang tentang memecahkan informasi yang populer secara online, yang secara aktif berkembang.

Fitur baru dari Google ini sangat bermanfaat untuk orang-orang agar pencarian yang mereka lakukan lebih relevan, menyaring kabar hoax yang sering terjadi dewasa ini.

Prompt baru dalam berita gadget terkini ini memperingatkan pengguna bahwa hasil yang mereka lihat berubah dengan cepat, dan sebagian berbunyi, "Jika topik ini baru, terkadang perlu waktu agar hasil ditambahkan oleh sumber yang dapat dipercaya," Google mengonfirmasi bahwa mereka mulai menguji fitur tersebut sekitar seminggu yang lalu.

Baca Juga: Kasus Google Terus Berhenti Marak untuk Pengguna Android, Petinggi Xiaomi Indonesia Ikut Angkat Bicara

Saat ini, Google mengatakan bahwa pemberitahuan tersebut hanya muncul dalam persentase kecil dari pencarian, yang cenderung tentang topik yang sedang berkembang.

Perusahaan seperti Google, Twitter, dan Facebook sering berjuang untuk menangani tingginya volume informasi yang salah, teori konspirasi, dan berita yang tidak diverifikasi yang merajalela di internet.

Di masa lalu, sebagian besar dari mereka menghapus konten dalam semua kasus kecuali yang paling ekstrem, dengan alasan komitmen terhadap nilai-nilai kebebasan berbicara.

Selama pandemi Covid-19 dan pemilihan umum AS 2020, beberapa perusahaan mengambil tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menghapus akun populer yang melanggengkan informasi yang salah.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x