AMD Meluncurkan FidelityFX Super Resolution dan Telah Tersedia dalam Tujuh Game, Gambar Menjadi Super Tajam!

- 23 Juni 2021, 16:06 WIB
AMD FidelityFX Super Resolution.
AMD FidelityFX Super Resolution. /Dok. amd.com/

BERITA SUBANG - Setelah diumumkan pada awal bulan Juni ini, AMD resmi meluncurkan FidelityFX Super Resolution atau FSR. FSR bertujuan untuk membuat gambar keluaran resolusi tinggi dari sumber resolusi rendah, sehingga memberikan peningkatan kinerja tanpa dampak yang signifikan terhadap kualitas gambar.

Fitur ini dalam berita gadget terkini kini telah tersedia dalam tujuh judul game, termasuk 22 Racing Series, Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, Kingshunt, Terminator: Resistance dan The Riftbreaker.

AMD telah mengumumkan bahwa fitur tersebut juga akan hadir di DOTA 2, Far Cry 6, dan Resident Evil Village pada akhir tahun ini. AMD mengklaim bahwa lebih dari 40 pengembang game telah menjanjikan dukungan untuk fitur ini.

FSR sendiri adalah teknologi peningkatan spasial yang menggunakan algoritma rekonstruksi canggih untuk menganalisis fitur dalam gambar aslinya dan membuatnya kembali pada resolusi target yang lebih tinggi, diikuti dengan penajaman untuk lebih meningkatkan kualitas dengan meningkatkan detail tekstur.

Baca Juga: Windows 11 Akhirnya akan Memperkenalkan Pengaturan Multi Monitor yang Lebih Baik

Proses ini dilakukan berdasarkan fitur anti-aliasing game yang ada. FSR juga bekerja pada satu frame pada satu waktu dan tidak memanfaatkan informasi temporal dari frame sebelumnya atau vektor gerak.

Di sinilah FSR AMD secara fundamental berbeda dari DLSS Nvidia atau Deep Learning Super Sampling.

DLSS menggunakan data temporal dan vektor gerakan sementara juga menggabungkan teknologi AI untuk melakukan rekonstruksi gambar akhir.

Nvidia juga melakukan ini pada inti tensor khusus pada GPU sedangkan AMD melakukan semua pemrosesan pada unit komputasinya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x