Chipset Exynos dengan GPU AMD Akan Hadir Tahun Ini dan Akan Digunakan di Laptop Windows, Siap Saingin Nvidia?

- 11 Mei 2021, 11:47 WIB
Samsung dan AMD akan berkolaborasi untuk menciptakan laptop Windows.
Samsung dan AMD akan berkolaborasi untuk menciptakan laptop Windows. /Dok. samsung.com/

BERITA SUBANG - Pasar komputer laptop global sedang berkembang pesat di tengah pandemi yang disebabkan oleh bekerja dan belajar dari rumah.

Memanfaatkan kesempatan ini, Samsung Electronics Co. sedang mengerjakan versi laptop dari chip prosesor aplikasi seluler (AP) andalannya yaitu Exynos.

Menurut sumber industri pada Minggu, 9 Mei 2021, raksasa teknologi Korea Selatan itu akan mengungkap chip Exynos premium yang dapat digunakan di laptop serta smartphone pada paruh kedua tahun ini.

Jika produk tersebut masuk ke pasar, Samsung akan menjadi produsen laptop Windows modern pertama yang meluncurkan prosesornya sendiri yang berfungsi sebagai "otak" di mesinnya.

Baca Juga: Lima Fitur Windows 10 yang Harus Anda Gunakan

Chipset Exynos milik Samsung saat ini merupakan otak pada seri Samsung Galaxy dan ponsel yang dibuat oleh para pesaingnya seperti Vivo Communication Technology Co.

Prosesor aplikasi seluler adalah sistem pada chip (SoC) yang dirancang untuk mendukung aplikasi yang berjalan di lingkungan sistem operasi seluler.

Chipset Exynos baru untuk laptop akan menggunakan unit pemrosesan grafis (GPU) yang dikembangkan bersama dengan perusahaan semikonduktor milik AS, Advanced Micro Devices Inc. (AMD) untuk menawarkan teknologi grafis yang lebih baik, menurut sumber tersebut.

“Exynos yang baru akan menawarkan fungsi yang ditingkatkan, termasuk daya komputasi yang luar biasa dan efisiensi baterai, dengan memanfaatkan teknologi pemrosesan 5 nanometer. Ini bagus untuk laptop dan smartphone," kata sumber industri.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x