Sekelumit Kisah KH Muhyidin, Pejuang Kemerdekaan Asal Subang, Kakek dari Ridwan Kamil

- 15 Agustus 2021, 21:27 WIB
KH Muhyidin, Pejuang Kemerdekaan Asal Subang, Kakek dari Ridwan Kamil
KH Muhyidin, Pejuang Kemerdekaan Asal Subang, Kakek dari Ridwan Kamil /Pemkab Subang/

BERITA SUBANG -Indonesia akan merayakan 76 tahun kemerdekaan pada Selasa 17 Agustus 2021. Berbagai kegiatan tetap dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan.

Harus diakui, kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilepaskan dari perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah dari tanah air tercinta.

Nama-nama seperti Jenderal Soedirman, Pangeran Diponegoro, Ki Hadjar Dewantara, Bung Tomo serta pahlawan Wanita seperti RA Kartini dan Tjoet Nyak Dien, adalah deretan pejuang Indonesia yang selalu dikenang.

Baca Juga: Cerita Burhanuddin Mengenai Sosok Jaksa Agung R. Soeprapto Yang Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Tapi mungkin tidak banyak yang tahu,dalam merebut kemerdekaan Indonesia, Subang juga memiliki sosok pejuang kemerdekaan yang ternama. sayangnya masih banyak yang tidak mengenalnya, terlebih mereka yang bukan penduduk Subang.

Namanya Muhyidin atau kerap disapa KH Muhyidin. Beliau adalah pendiri Pondok Pesantren Pagelaran, Kecamatan Cisalak.

Mengutip situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Muhyidin lahir pada 1879 dan wafat 94 tahun kemudian. Dia adalah kakek dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil.

“Perjuangan yang dilakukan KH Muhyidin adalalah bentuk keikhlasan dan tidak berharap penghargaan,” kata Banin Muhyidin, seorang kerabat Muhyidin dikutip dari jabarprov.go.id, Kamis, 12 Agustus 2021.

Di kalangan sejarawan Jawa Barat, sosok KH Muhyidin sebenarnya cukup dikenal.

Ia adalah salah satu pemimpin yang ikut serta melakukan penyerangan kepada sekutu di Bandung Utara pada masa penjajahan.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah