Pemerintah Pusat Berencana Bangun Geotermal di Cipanas, DPRD Cianjur Soroti Dampak Lingkungan

- 24 Maret 2022, 00:39 WIB
Anggota DPRD Cianjur Prasetyo Harsanto
Anggota DPRD Cianjur Prasetyo Harsanto /Foto: Tim Prasetyo/

BERITA SUBANG - Pemerintah Pusat berencana akan menggali sumber daya alam berupa energi panas bumi atau geotermal di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menjadi sorotan kalangan, karena dikhawatirkan dampak ke lingkungan, mengingat banjir dan tanah longsor kerap terjadi di daerah tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membuka kran kepada calon investor yang ditandai dengan membuka penawaran wilayah penugasan survei pendahuluan dan eksplorasi (WPSPE) badan usaha tertentu.

Anggota DPRD Cianjur Prasetyo Harsanto mengatakan pembangunan geotermal masih menjadi perdebatan ditengah masyarakat ada yang pro dan kontra, terutama dampak pada lingkungan sekitar.

Baca Juga: Disoal Legalitas Lahan Garapan, Petani Milenial Cianjur Mengadu Ke Wakil Rakyat

"Pembangunan geotermal memang masih pro dan kontra, karena tidak ada geotermal saja ada banjir, hujan sudah tidak ketolongan itu, apalagi kalau geotermal itu dibangun air dari hulu itu sudah semakin tidak terbendung dihilirnya," kata Prasetyo dalam keterangannya, Subang, Jawa Barat, Rabu 23 Maret 2022.

Menurut dia, disisi lain dibangunnya geotermal itu memang bisa memberikan cadangan energi dan pemasukan buat pemerintah terutama pemerintah daerah.

"Tentunya, tinggal bagaimana pembagian keuntungan, ketika geotermal itu dibuka berapa besar pendapat asli daerah dari geotermal, kemudian kita bandingkan dampak dari kerusakan lingkungan yang ditimbulkan," ucap dia.

Baca Juga: Kemacetan Jalur Puncak Belasan Jam, Irwan Ardi Hasman: Alternatif Buka Jalur Puncak 2 Hambalang

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Cianjur ini memastikan daerah Cipanas yang berbatasan dengan Puncak Kabupaten Bogor itu kerap terjadi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Karena itu dirinya mempertanyakan dampak lingkungan jika kegiatan pembangunan geotermal tersebut terlaksana.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x