Usai Gembar Gembor Bakal Nyapres, Giring Ganesha Batalkan Niatnya Sendiri

- 24 Februari 2022, 15:32 WIB
Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha menyatakan mundur dari pencalonan presiden tahun 2024
Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha menyatakan mundur dari pencalonan presiden tahun 2024 /YouTube/Partai Solidaritas Indonesia/

BERITA SUBANG - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mengurungkan niatnya maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Dengan penuh kesadaran, saya Giring Ganesha mengumumkan mundur dari pencalonan presiden Republik Indonesia," kata Giring dalam konferensi pers, Kamis Kamis 24 Februari 2021.

Giring mengurungkan niatnya ketika muncul wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan dukungan terhadap Joko Widodo (Jokowi) untuk maju kembali dalam Pilpres.

Baca Juga: Fadli Zon Sebut Menag Yaqut Cari Masalah dan Bikin Gaduh

Giring menilai Jokowi memang sosok pemimpin ideal sehingga mendapat tempat di hati masyarakat untuk diinginkan kembali menjabat presiden.

"Banyak sekali rakyat Indonesia yang ternyata masih menghendaki sosok Jokowi untuk memimpin Indonesia. Ini adalah fakta di lapangan sekaligus aspirasi masyarakat yang sangat menyukai Jokowi," tutur dia.

Hanya saja, Giring menilai wacana agar Jokowi menjabat kembali terhalang oleh konstitusi. "Dibatasi oleh konstitusi bahwa presiden hanya bisa dijabat selama dua periode. Berdasar fakta itu jugalah saya merasa, tahun 2024 belumlah waktu bagi saya untuk maju sebagai calon presiden Republik Indonesia di 2024," kata Giring.

Baca Juga: Roy Suryo Laporkan Menag Yaqut ke Polda, Tuduhan Penistaan Agama Jadi Pasal

Giring sebenarnya belum menjadi calon presiden. Penetapan calon presiden hanya dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah melakukan verifikasi dokumen sampai soal syarat dukungan partai politik.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x