Media Asing Sebut Suara Azan di Jakarta Berisik, MUI, Dewan Masjid dan Pemprov DKI Beri Tanggapan

- 15 Oktober 2021, 14:10 WIB
Ilustrasi Azan
Ilustrasi Azan /Ayunda Lintang Pratiwi/PR Cirebon

BERITA SUBANG - Media Intermasional, Agence France-Presse (AFP) menyoroti suara azan yang digemakan masjid di Jakarta

Hal ini tertulis dalam sebuah berita yang berjudul ‘Ketakwaan atau gangguan kebisingan? Indonesia mengatasi reaksi volume azan’.

Agence France-Presse (AFP) merupakan sebuah agensi berita internasional yang berpusat di Paris, Prancis.

Dalam laporannya, APP menjelaskan, seorang warga menderita gangguan kecemasan karena terlalu takut untuk komplain. Salah satu narasumber AFP adalah seorang muslimah usia 31 tahun dengan nama samaran Rina.

Baca Juga: Tujuh Jurus Ampuh Agar Punya Anak Laki-laki, dari Posisi Berhubungan Intim hingga Ritual Penjinak Sperma

Rina mengidap gangguan kecemasan (anxiety disorder) tidak bisa tidur, mengalami mual untuk makan, dan takut untuk menyuarakan komplain soal terkait suara azan dari masjid di dekat rumahnya.

Lebih lanjut AFP menuliskan, azan dan masjid adalah dua hal yang dihormati di Indonesia. Negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Mengkritisi azan dan masjid bisa berujung pada tuduhan penistaan agama dengan ancaman 5 tahun penjaraan.

AFP juga menyatakan bahwa jumlah komplain secara daring (online) terkait pengeras suara masjid yang berisik sudah mulai meningkat. Namun kebanyakan anonim karena pelapor khawatir dengan akibat yang ditimbulkan gara-gara komplain seperti itu.

Menanggapi komplain tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, meminta tak mempermasalahkan suara azan, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia berpenduduk muslim.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x