Subang Sejarah Pergerakan Kemerdekaan Indonesia, Berawal Jadi Tempat Perjanjian Kalijati

- 16 Agustus 2021, 22:02 WIB
Ilustrasi bendera merah putih ditengah warna warni bendera
Ilustrasi bendera merah putih ditengah warna warni bendera /Foto: Puspen TNI/

BERITA SUBANG - Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjanjian Kalijati yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat, antara Jepang dengan Belanda ketika itu Indonesia masih di bawah kekuasaan Hindia Belanda sebelum diserahkan ke tangan Jepang.

Dari berbagai sumber yang dihimpun beritaaubang.pikiran-rakyat.com, awalnya Jepang masuk Indonesia dengan menguasai Batavia, saat ini bernama Jakarta pada 5 Maret 1942, kemudian Jepang mengumumkan bahwa Belanda tidak lagi menguasai Indonesia, melalui perjanjian Kalijati pada 8 Maret 1942.

Belanda mundur dari Indonesia, dilatarbelakangi karena negaranya pada 10 Mei 1940 di serang Jerman pada Perang Dunia II yang dikuasai Nazi dibawah Adolf Hitler. Tak pelak Belanda yang menguasai berbagi negara termasuk Indonesia kewalahan.

Baca Juga: Rayakan 17 Agustus 2021 HUT ke-76 RI, Ini 17 Ucapan Dirgahayu Indonesia untuk Bangkitkan Semangat

Jepang dalam Perang Dunia II pun berafiliasi dengan Jerman dan Italia dengan menguasai kawasan Asia Pasifik. Sedangkan, Belanda masuk poros sekutu antara lain Amerika, Inggris, dan Australia serta beberapa wilayah negara lainnya.

Karena itu, Belanda tak bisa membendung untuk menguasai wilayah Indonesia, karena negaranya sudah dikuasai Jerman.

Kemudian Jepang ambil alih kekuasaan Belanda setelah militer Angkatan Laut Jepang melakukan pertempuran di laut Jawa dan berhasil menembus benteng Belanda di pantai Eretan Wetan, Indramayu, Jawa Barat pada 1 Maret 1942.

Sebelum perjanjian Kalijati dilakukan, lebih dulu Jepang menguasai pangkalan Kalijati dan menduduki Subang. Pada 6 Maret 1942 terjadi pertempuran di Ciater, lalu ke arah Lembang karena mengejar pasukan Belanda. Karena sudah tak kuat membendung serangan Jepang, alhasil Belanda menyerah, dan menyerahkan kekuasaannya ke Jepang, kemudian dilanjutkan perjanjian Kalijati.

Baca Juga: Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Pemuda Papua dan Satgas TNI Yonif 751 Bersama Warga Meriahkan HUT Ke 76 RI

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x