Patimban Subang Jadi Prioritas Infrastruktur, Pemprov Jabar Usulkan Pengembangan Pariwisata dan Perikanan

- 29 Mei 2021, 12:02 WIB
Tim Kemenko Marves bersama Kemenko Perekonomian melakukan verifikasi ke wilayah yang menjadi prioritas di kawasan Jabar Bagian Selatan
Tim Kemenko Marves bersama Kemenko Perekonomian melakukan verifikasi ke wilayah yang menjadi prioritas di kawasan Jabar Bagian Selatan /Doc. Humas Kwmenko Marves/

BERITA SUBANG - Pemerintah Pusat tengah menjadikan kawasan Patimban, Kabupaten Subang diusulkan menjadi prioritas dalam proyek infrastruktur percepatan pembangunan.

Selain itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) juga mengajukan usulan pengembangan infrastruktur yang berfokus pada pembangunan perikanan dan pariwisata di wilayah Jabar bagian selatan, yakni Sukabumi, Pelabuhan Ratu dan Garut.

Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar Ferry Sofwan mengatakan perlu ada penataan yang spesifik untuk mengakomodasi kepentingan pariwisata dan perikanan.

Baca Juga: Patimban Subang Kawasan di Jabar Jadi Prioritas Pemerintah Pusat Dalam Percepatan Pembangunan

Dia mengatakan secara detil dalam rancangan Perpres Percepatan Pembangunan Kawasan Cirebon-Kertajati Patimban dan Jabar bagian Selatan, Pemprov Jabar bersama pemkab juga mengusulkan beberapa proyek.

Proyek tersebut kata dia antara lain rencana pembangunan Bandara Cikembar Sukabumi, penataan destinasi geyser Cisolok, pembangunan jalan lingkar di Pelabuhan Ratu serta pengembangan pelabuhan perikanan untuk mengakomodasi 600 nelayan yang terdampak sedimentasi di wilayah pesisir.

"Rencana kedepan pelabuhan perikanan akan  digabungkan dengan galangan kapal," kata Ferry dalam Keterangannya, Subang, Jumat, 28 Mei 2021.

Baca Juga: Sekda Subang Terima Keluhan Peran Koperasi TKBM Tidak Optimal di Pelabuhan Patimban

Menurutnya, rencana pembangunan bandara di Sukabumi bukan hanya untuk penumpang tapi logistik pengangkutan hasil perikanan.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x