Klaster Salat Tarawih, Puluhan Jamaah Di Banyumas Terkonfirmasi Positif Covid-19

- 30 April 2021, 12:32 WIB
Bupati Banyumas (kanan) bersama Gus Anam (Kiri) meluncurkan GeNose di Ponpes At Taujieh Al Islamy 2 Banyumas pada Jumat, 19 Maret 2021
Bupati Banyumas (kanan) bersama Gus Anam (Kiri) meluncurkan GeNose di Ponpes At Taujieh Al Islamy 2 Banyumas pada Jumat, 19 Maret 2021 /Hening Prihatini/Dok. Ponpes At Taujieh Al Islamy 2


 

BERITA SUBANG - Muncul klaster baru salat tarawih terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede, berawal dari adanya seorang warga yang sedang sakit namun tetap berangkat ke musala untuk melaksanakan ibadah pada awal Ramadhan 1442 H.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan hasil tes usap kepada tujuah warga yang merupakan jamaah salat tarawih terkonfirmasi positif Covid-19 pada 22 April 2021.

"Sekarang sedang menjalani karantina di RK (Rumah Karantina) Diklat mulai 26 April 2021, satu orang dengan kondisi gejala ringan berupa pilek dan batuk, sedangkan enam orang lainnya tanpa gejala," kata Husein, dalam keteranganya, Jumat, 30 April 2021.

Sementara, di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor dan Tanggeran, Kecamatan Somagede, terkonfirmasi positif Covid sekitar puluhan anggota jamaah salat tarawih.

Baca Juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Waspadai Lonjakan Penularan Covid-19 Dimasa Idulfitri 2021

"Untuk klaster Tarawih di Desa Pekaja, pada (Kamis 29 APril 2021) keluar hasil tambahan 22 orang positif dari 54 kontak erat sehingga total ada 44 kasus positif," ujar Husein.

Dijelaskan dia, awalnya tim Dinas Kesehatan Pemkab menemukan dua kasus positif dari jamaah salat tarawih di Desa Pekaja. Kemudian dilakukan tracing dan testing dan terjadi kontak erat hingga akhirnya mendapatkan 45 orang yang terkonfirmasi positif.

"Dari 44 orang yang terkonfirmasi positif, salah seorang di antaranya dirawat di RSUD Banyumas, sedangkan 43 orang lainnya menjalani isolasi mandiri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x